get app
inews
Aa Read Next : Pemula Wajib Tahu! Ini 6 Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugasnya

Pemula Wajib Tahu! Berikut Ini 4 Teknik Dasar Bermain Bola Voli

Jum'at, 19 Januari 2024 | 18:00 WIB
header img
Teknik dasar bermainbola voli bagi pemula. (Foto: RCTI+)

JAKARTA, iNewsIndramayu.id - Empat teknik dasar permainan bola voli bagi pemula menarik untuk dibahas. Olahraga voli adalah salah satu olahraga berkelompok alternatif selain sepak bola dan basket sehingga banyak yang ingin mempelajari olahraga ini.

Seperti diketahui, banyak olahraga yang bisa dimainkan secara berkelompok, salah satunya bola voli.

Karena layaknya permainan bola beregu lain, bola voli hanya butuh lahan yang cukup sebagai lapangan, jumlah orang yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, serta bola dan jaring pemisah, sehingga voli menjadi pilihan olahraga alternatif di waktu senggang.

Nah, berikut iNews.id suguhkan 4 Teknik dasar permainan bola voli bagi pemula yang disadur dari jurnal Teknik Dasar Bermain Bola Voli karya Prof. Dr. H. Mashuri Eko Winarno, M.Pd. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Selasa (29/8/2023).

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli Bagi Pemula

1. Service

Service adalah salah satu teknik dasar yang digunakan untuk memulai suatu set atau pertandingan. Service terdiri dari dua yakni service atas dan service bawah, dengan cara mengayunkan tangan pada bola.

Service juga bisa digunakan untuk menyerang lawan. Service yang baik dapat mengacaukan pertahanan lawan dan menyulitkan lawan untuk melakukan serangan. 

2. Passing

Passing berarti mengumpan atau mengoper bola kepada kawan satu regu. Sama seperti service, passing terdiri dari dua yakni passing atas dan passing bawah.

Kalau passing bawah, dilakukan oleh seorang pemain apabila bola yang datang jatuh berada di depan atau samping badan setinggi perut ke bawah. Sementara passing atas dilakukan dengan menggunakan ujung jari-jari pada saat bola datang setinggi bahu atau lebih.

3. Smash

Smash atau biasa disebut juga sebagai spike, merupakan teknik dasar yang paling dominan digunakan untuk meraih pundi-pundi poin pada saat permainan bola voli. 

Smash atau spike adalah pukulan yang kuat di mana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas.

Telapak tangan dibuka lebar, sehingga pukulan yang dhasilkan menyebabkan jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi.

Apabila pukulan bola lebih tinggi berada di atas net , maka bola dapat dipukul tajam ke bawah. Smash terdiri dari beberapa jenis seperti Quick Smash, Open Smash & Semi Smash.

4. Block

Teknik block muncul pada saat lawan melakukan smash. Kemudian, pemain yang bertahan meloncat di depan net dan merintangkan tangan untuk membendung jalannya bola hasil serangan lawan. 
 
Sama Seperti service dan passing, block juga terdiri dari dua yakni block tunggal dan block beregu. Bendungan merupakan pertahanan pertama dari serangan lawan.

Pada dasarnya block adalah sebuah teknik dengan cara merintangi atau menghalangi musuh ketika sedang melakukan serangan di depan net dengan cara mengangkat lengan tinggi-tinggi di atas jaring, pada tempat yang diduganya menjadi arah jalannya bola.

Demikian ulasan mengenai 4 teknik dasar permainan bola voli bagi pemula. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia iNews.id di mana pun berada.(*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut