get app
inews
Aa Read Next : Pemula Wajib Tahu! Berikut Ini 4 Teknik Dasar Bermain Bola Voli

Pemula Wajib Tahu! Ini 6 Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugasnya

Minggu, 21 Januari 2024 | 15:00 WIB
header img
Ada 6 posisi pemain bola voli dan tugasnya yang menarik untuk dibahas. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNewsIndramayu.id - Ada 6 posisi pemain bola voli dan tugasnya yang menarik untuk dibahas. Pemula wajib simak artikel ini.

Voli termasuk olahraga beregu yang diminati masyarakat di seluruh dunia. Olahraga bola voli sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni voli ruangan serta voli pantai.

Namun, sebagian besar orang yang menggemari olahraga ini masih sulit menghafal istilah posisi dalam permainan voli serta masing-masing tugasnya. Bola voli sendiri dimainkan oleh 2 tim di dalam lapangan, masing-masing tim berisi 6 orang pemain. 

Dalam permainan bola voli, posisi setiap pemainnya biasa menggunakan kode 1-6-5 dan 4-3-2. Nah, untuk membantu Anda mengetahui istilah posisi dari setiap pemain bola voli beserta tugasnya, berikut iNews.id paparkan di bawah ini.

6 Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya:

1. Server

Seorang server memiliki tugas yakni melakukan servis alias pukulan sebagai penanda dimulainya permainan atau rally. Pengambilan servis bola sendiri ditentukan oleh tim yang memperoleh poin atau angka. 

2. Spiker

Adanya keberadaan posisi spiker atau smasher ini sangat penting dalam permainan bola voli.

Posisi ini memiliki tugas utama yaitu melakukan spike atau smash bola ke arah permainan lawan dengan tujuan untuk memperoleh poin. Menurut posisinya juga, seorang spiker atau smasher turut andil dalam melakukan block terhadap bola saat posisi diserang.

3. Tosser

Tosser berarti pengumpan, itu berarti seorang tosser bertugas mengumpan bola kepada seorang spiker untuk di-smash guna memperoleh poin. Dalam perannya, seorang tosser melakukan pukulan kedua untuk memberikan bola ke spiker/smasher.

4. Pembendung (blocker)

Posisi satu ini bertugas untuk mebendung serangan lawan. Dia bertanggung jawab untuk mencegah bola lawan masuk. 

Ada beberapa peraturan untuk seorang blocker di antaranya tidak melanggar garis lapangan, tidak menyentuh net, dan lain-lain.

5. Penutup (cover)

Cover bertanggung jawab melindungi bagian lapangan yang kosong dan rentan terhadap serangan lawan. Tujuan posisi cover adalah untuk memastikan bahwa bola yang masuk ke bagian lapangan tersebut dapat diterima dan dikontrol dengan baik.

6. Libero

Libero punya tugas khusus yaitu sebagai penerima serangan dan pemain pertahanan. Mereka tidak boleh menyerang. 

Sebab tugas utama mereka membantu tim dalam menerima serangan dan memperkuat pertahanan lapangan.

Libero memiliki kebebasan untuk bergerak dan bertukar posisi dengan pemain lain tanpa melanggar aturan.

Itulah enam posisi pemain bola voli dan tugasnya. Semoga para pembaca setia iNews.id makin paham dengan olahraga satu ini.(*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut