Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Pembangunan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang

Safaro
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras didampingi anggota Dedi Wahidi dan Bupati Indramayu Nina Agustina serta Direktur Bendungan dan Danau Kementrian PUPR, Airlangga Mardjono didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) Ismail Widadi saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI di Bendungan Cipanas. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Komisi V DPR RI meninjau lokasi Pembangunan Bendungan Cipanas di Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Jumat (9/9/2022). Bendungan tersebut  penerima manfaatnya sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat.

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI diterima oleh Direktur Bendungan dan Danau Kementrian PUPR, Airlangga Mardjono, ST,.MT didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc.

Turut hadir Bupati Indramayu, Nina Agustina  beserta beberapa kepala Perangkat Daerah.

Direktur Bendungan dan Danau Kementrian PUPR, Airlangga Mardjono  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi V atas dukungannya selama ini. Menurutnya, Bendungan Cipanas masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak tahun 2017 dan berupaya menyelesaikannya sebaik mungkin.

Sementara itu, Komisi V DPR RI yang diketuai oleh Wakil Ketua  Andi Iwan Darmawan Aras mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas upaya pembangunan Bendungan Cipanas.

Komisi V turut mendorong supaya pembangunan bendungan dapat diselesaikan sesuai jadwal.

“Kami mendorong agar dapat diselesaikan sesuai jadwal. Supaya dapat segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sebagai jaringan irigasi,” kata dia dalam keterangannya.

Salasatu anggota Komisi V DPR RI, H. Dedi Wahidi mengatakan, Bendungan Cipanas walaupun lokasinya ada di Sumedang tetapi penerima manfaatnya  sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Indramayu, yaitu melayani pasokan air di wilayah Kecamatan Terisi, Kroya, Gabuswetan, Losarang dan Kecamatan Kandanghaur.

“Kalau Bendungan Cipanas sudah difungsikan diharapkan petani di Indramayu barat khususnya di Terisi, Kroya, Gabuswetan, Losarang dan Kecamatan Kandanghaur tidak kekurangan air baku lagi saat musim tanam gadu (kemarau),” kata pria dari Fraksi PKB ini.

Diketahui Bendungan Cipanas mempunyai kapasitas layanan irigasi sawah seluas 9.273 hektare (ha). Terdiri dari layanan luas Daerah Irigasi (DI) Cipanas I (kiri) 2.885 ha, luas DI Cipanas I (Kanan) 500 ha, Luas DI Cipanas II (Kiri) 2.045 ha, Luas DI Cipanas II (Kanan) 1.543 ha, luas DI Cibuluh (Rencana) 1.300 ha, dan luas DI Cikawung (Rencana)  1.000 ha.

Bendungan Cipanas ini nantinya akan menopang kebutuhan air bagi irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. Bendungan ini juga direncanakan memiliki volume total 250,81 juta meter kubik yang sangat diharapkan oleh masyarakat terutama petani. (safaro)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network