Imbas Curah Hujan Tinggi, Rumah di Desa Bugel Terendam, Kabel Listrik di Kecamatan Pasekan Putus

Safaro
Pemdes Bugel Kecamatan Patrol Indramayu memonitor rumah terdampak banjir imbas meluapnya sungai Bugel. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Imbas curah hujan tinggi di wilayah Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu mengakibatkan sungai pembuang Bugel meluap dan merendam permukiman warga. Di wilayah lain, kabel listrik di Blok Rades Desa Karanganyar Kecamatan Pasekan putus dan berakibat pada pemadaman listrik sementara.

Menyikapi hal tersebut Pemcam Patrol dan Pasekan, Sabtu (31/12/2022). melakukan monitoring rumah terdampak banjir dan penyambungan kabel putus.

Camat Patrol Rusyad Nurdin memaparkan, terdapat 56 rumah yang terendam akibat luapan sungai Bugel dengan ketinggian air di dalam rumah antara 5-10cm dan untuk kawasan jalan dan gang ketinggian air mencapai 50cm.

"Luapan sungai tersebut merendam rumah di beberapa titik yakni Blok Taman, Blok Karangmalang  dan Sukawera  Desa Bugel," paparnya.

Menurutnya, banjir yang terjadi sekitar pukul 08.20 tersebut tidak menelan korban jiwa dan saat ini warga masih menempati rumahnya masing-masing. Namun demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kuwu serta sudah menyiapkan titik untuk evakuasi warga jika diperlukan yakni di Bryan Sport Center Desa Bugel.

"Banjir terjadi sejak pagi tadi, dan saat ini air sudah berangsur surut. Saya juga berharap semoga curah hujan bisa menurun sehingga mengurangi debit air sungai," harapnya

Rusyad menuturkan, dalam upaya meminimalisir terjadinya luapan sungai di kemudian hari, pihaknya memberikan imbauan kepada warga untuk senantiasa menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai agar aliran air tidak tersumbat.

"Saya beserta Forkopimcam Patrol dan Kuwu Bugel, tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan kepada warga untuk tidak membuang sampah ke sungai, dan untuk kedepannya kami akan berkoordinasi dengan BBWS Citarum untuk normalisasi sungai karena otoritasnya ada di mereka," tuturnya.  

Sementara itu, akibat curah hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Pasekan mengakibatkan korsleting salasatu kabel listrik di Blok Rades belakang SDN Karanganyar Desa Karanganyar. Kabel listrik putus dan berakibat pada pemadaman listrik sementara.

Melalui layanan I-Ceta, Pemcam Pasekan dengan sigap menghubungkan informasi mengenai putusnya kabel listrik tersebut kepada PLN. Setelah informasi tersebut masuk kepada pihak PLN, petugas yang berjagapun langsung turun tangan memperbaiki kabel listrik yang putus.

“Alhamdulilah kita langsung lakukan penanganan dan koordinasi dengan pihak PLN, layanan I-Ceta sangat tepat sasaran,” tandas Camat Pasekan, Haryono. (safaro)

 

 

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network