Bupati Cirebon Undang Biksu Jalan Kaki ke Pendopo, Buktikan Toleransi

Tarjoni
Bupati Cirebon, Imron Rosyadi berjalan mengandeng tangan salah satu Biksu di Pendopo. Foto : Ist

CIREBON, iNewsIndramayu.id - Bupati Cirebon, Imron Rosyadi menyambut kedatangan 32 Biksu/Bhante yang sedang melakukan perjalanan dari Thailand menuju Candi Borobudur, Jawa Tengah di Pendopo Bupati Cirebon, Sabtu (20/5/2023). Para Biksu yang sedang melakukan ritual Thudong dengan berjalan kaki ini, diundang secara khusus oleh Bupati Cirebon.

Menurut Imron, diundangnya para Biksu di Pendopo ini tidak masuk dalam agenda perjalanan para Biksu. Namun Imron mengatakan, dirinya merasa tidak menghormati, jika sebagai tuan rumah tidak mengundang para biksu untuk menjalin silaturahmi.

"Masa ada orang-orang hebat ini, kita sebagai tuan rumah tidak mengundang dan menjamunya," ujar Imron usai bertemu Biksu, Sabtu (20/5/2023).

Pihaknya, kata Imron, telah berkoordinasi dengan pihak yang bertanggungjawab dalam perjalananan para Biksu ini, untuk bisa menyempatkan hadir ke pendopo. Momen ini juga, sekaligus untuk membuktikan bahwa toleransi umat beragama di Indonesia masih terjaga dengan baik.

Hal itu dibuktikan oleh antusiasme masyarakat yang menyambut kedatangan para biksu. "Saya sampai terharu, melihat antusiasme masyarakat saat menyambut para biksu," ucap Imron.

Karena, lanjutnya, selama ini banyak sekali narasi-narasi di media sosial, yang menjadikan agama sebagai penyebab pemecah belah persatuan. Namun, kedatangan para biksu ini, untuk membuktikan hal sebaliknya.

Di Cirebon ini, para Biksu juga tidak hanya disambut oleh kalangan dari agama Budha saja. Namun, banyak juga masyarakat muslim di Cirebon yang ikut membantu para Biksu.

"Banyak warga muslim yang menyambut. Ada yang ngasih minum dan makanan juga. Semoga tingginya toleransi ini, bisa terus terjaga dengan baik," pungkasnya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network