Kenang Syuting Preman Pensiun, Nandi Juliawan Ngaku Sempat Ingin Menyerah Perankan Encuy

Fani Ferdiansyah
Nandi Juliawan pemeran tokoh Encuy berfoto bersama para pemain sinetron Preman Pensiun. (Instagram/@nandi_juliawan)

GARUT, iNewsIndramayu.id - Karakter Encuy sebagai calo angkot di terminal dalam sinetron Preman Pensiun sukses diperankan oleh Nandi Juliawan. Akan tetapi dibalik kesuksesannya membawa tokoh Encuy yang selalu khas memakai topi pet, pria asal Garut itu sempat ingin menyerah saat syuting perdana. 

"Ternyata akting tidak gampang, kita harus bisa mengolah ekspresi dan hapal dengan dialog. Bahkan adegan yang saya lakukan hingga beberapa kali take sampai saya ingin menyerah," ujar Nandi Juliawan kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Minggu (11/6/2023). 

Nandi Juliawan yang memiliki pengalaman bekerja sebagai barista itu mengaku sebelumnya tak pernah berakting, baik dalam teater, sinetron, bahkan film. Ia pun kaget bukan main saat harus memerankan karakter Encuy, ketika dirinya hanya mempersiapkan diri sebagai figuran. 


Nandi Juliawan pemeran tokoh Encuy saat menjalani syuting sinetron Preman Pensiun. (Instagram/@nandi_juliawan)

 

"Menghafal dialog awalnya sulit banget karena saya tidak memiliki basic akting. Di Preman Pensiun semuanya dituntun sesuai script, tidak ada improvisasi," ujarnya. 

Namun dukungan dari kru memompa semangatnya untuk tetap melakoni profesi barunya sebagai seorang aktor.

"Saya terus diberi motivasi oleh para kru karena mereka bilang ini sudah menjadi pekerjaan saya dan saya sudah ada karakter di sinetron ini. Untuk itu saya berusaha keras terus belajar hingga akhirnya saya bisa," papar Nandi Juliawan. 

Pria yang dibesarkan di Mandalagiri, Ciwalen, Kecamatan Garut kota itu mengatakan, tokoh Encuy hadir di Preman Pensiun 4. Di mana scene pertama yang dia lakukan yaitu ketika Kang Cecep (Abenk Marco) datang ke terminal untuk memberi pelajaran kepada Willy (Iyang Sule) dan Toni (Rifki Setia Mulyadi). 

"Beres syuting pertama saya langsung pulang ke Garut karena saya gak tau akan syuting lagi atau tidak. Setelah tiba di Garut malam hari, salah satu kru menelepon saya dan bilang saya harus ikut syuting besok pagi. Saya kira awalnya di Preman Pensiun hanya menjadi tokoh figuran," kata pria yang kini berusia 30 tahun tersebut. 

Keterlibatan Nandi Juliawan menjadi salah satu pemain di sinetron garapan Aris Nugraha itu tidak lepas dari pemeran Unang yang bermain Preman Pensiun 3 serta Delisa Herlina, salah satu anggota gang copet anak buah Saep. Bersama Donna Wisnu Wardhana pemeran tokoh Otang, Nandi Juliawan membuat sebuah video sebagai syarat untuk seleksi casting


Nandi Juliawan pemeran tokoh Encuy saat menjalani syuting sinetron Preman Pensiun. (Instagram/@nandi_juliawan)

 

"Kebetulan saya dan Otang memang sudah berteman sejak lama dan tinggal satu kos di daerah Pakuwon, Garut Kota. Untuk ikut casting Preman Pensiun kami membuat video iseng dengan tema Preman Kossan. Ceritanya kami malakin anak kosan. Dari video iseng itu, akhirnya kami dipanggil ke Bandung untuk syuting Preman Pensiun," ungkapnya. 

Selain Preman Pensiun, Nandi Juliawan turut terlibat dalam sinetron Suparman Reborn bersama Damar Rizal Marzuki dan Masayu Clara. Dalam sinetron berlatar daerah Garut itu, Nandi Juliawan berperan sebagai Lukman, mandor bangunan yang naksir ke tukang lotek bernama Lilis (Masayu Clara). 

Baginya, bergabung di sinetron tersebut merupakan sebuah rezeki. Profesinya sebagai Marketing Komunikasi di sebuah kafe kawasan Cilopang milik Aris Nugraha menjadi jalan untuk tetap eksis di dunia akting. 

"Saat lagi kerja Om Aris datang ke kafe kemudian beliau nawarin saya untuk memilih mau syuting atau tetap di sini (kafe). Tentunya saya menjawab mau syuting, " tutur Nandi Juliawan. 

Ketika mendapat tawaran dari sang sutradara, Nandi Juliawan diminta untuk membuka topi pet yang sering dikenakannya. Ia menganggap topi tersebut adalah topi keberuntungan. 

"Oleh Om Aris saat itu saya diminta menyisir rambut. Beliau hanya memperhatikan sebentar. Setelah beres Om Aris mempersilahkan saya untuk memakai topi kembali. Hingga akhirnya berkat adegan menyisir ini ada karakter Lukman di Suparman Reborn," ujarnya. 


Nandi Juliawan dengan pose andalannya saat memerankan tokoh Lukman dalam sinetron Suparman Reborn. (Instagram/@nandi_juliawan)

 

Nandi Juliawan berharap, cerita Preman Pensiun dan Suparman Reborn bisa terus berlanjut dengan adanya season baru. Untuk episode akhir Preman Pensiun 8 menurut Nandi Juliawan ceritanya masih banyak yang menggantung. Sedangkan di Suparman Reborn, akhir dari kisahnya membuat galau Suparman sebab Lilis dibawa oleh Lukman. 

"Walaupun Encuy di season 8 hanya terlibat satu episode saja, saya berharap masih akan terus ada episode berikutnya. Begitu pula dengan  Suparman Reborn. Hingga saat ini saya belum mendapat informasi pasti apakah dilanjutkan atau tidak," pungkas Nandi Juliawan. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network