4 Rumah di Permukiman Padat Penduduk Garut Terbakar, Kerugian Capai Rp1,2 M

Fani Ferdiansyah
Petugas Dinas Damkar Garut berupaya memadamkan api di kawasan permukiman penduduk, Kampung Kaum Lebak RT05 RW08, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (12/8/2023) pagi.

GARUT, iNewsIndramayu.id - Empat rumah terbakar dan dua lainnya terdampak dalam kebakaran hebat di permukiman padat penduduk Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (12/8/2023) pagi tadi. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang terjadi pukul 05.20 WIB itu. 

Lokasi rumah yang terbakar terletak di Kampung Kaum Lebak RT05 RW08, Kelurahan Paminggir. Cukup berdekatannya rumah-rumah milik warga di permukiman itu, membuat Damkar Garut mengerahkan sedikitnya tiga unit kendaraan pemadam ke lokasi untuk menjinakan api dan mencegah kebakaran meluas. 

"Tiga unit kendaraan pemadam dikerahkan ke lokasi kebakaran pagi tadi, seusai kami menerima laporan kebakaran di Kampung Kaum Lebak dari warga," kata Komandan Regu 2 Hendra Rahadian. 


Petugas Dinas Damkar Garut berupaya memadamkan api di permukiman padat penduduk Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (12/8/2023) pagi. (Ist)
 

Kebakaran membuat warga di permukiman tersebut panik. Beberapa diantara mereka membantu mengevakuasi barang dari dalam rumah, sementara lainnya mencoba membantu petugas dalam upaya pemadaman. 

Sempitnya ruang gerak di Kampung Kaum Lebak membuat pemadaman dilakukan dengan cara menaiki atap rumah-rumah warga sekitar, untuk menyemprotkan air langsung ke lokasi api. Hendra Rahadian menyebut upaya pemadaman menggunakan pola I B atau menyemprotkan air yang bersumber dari mobil pemadam. 

Dia mengatakan, dugaan sementara kebakaran disebabkan oleh korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Namun demikian, lanjutnya, pihak berwenang masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebaran di wilayah permukiman tersebut. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network