Operasi Zebra Lodaya 2023 Berlaku di Garut Mulai Hari Ini

Fani Ferdiansyah
Aparat kepolisian akan menerapkan sanksi tilang baik tilang manual atau tilang elektronik dalam setiap pelanggaran lalu lintas yang terjadi, dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023. (Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNewsIndramayu.id - Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023 di Kabupaten Garut resmi berlaku hari ini. Operasi Zebra Lodaya 2023 setidaknya akan berlangsung selama 14 hari ke depan.

Kesiapan aparat dalam menyukseskan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023 setidaknya tercermin dalam pelaksanaan apel gelar pasukan di Mapolres Garut, Senin (4/9/2023). Personel gabungan tersebut terdiri dari aparat TNI, Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, hingga Pramuka. 

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha mengatakan, pihaknya akan memfokuskan keselamatan berkendara pada pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023 kali ini. 

"Sudah ada perubahan untuk tingkat kecelakaan lalu lintas, tahun ini menurun. Tentunya bukan hanya menjadi tugas Polri saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat, bagaimana pentingnya keselamatan dalam rangka mengurangi kecelakaan lalu lintas," kata AKBP Rohman Yonky Dilatha. 

Ia menambahkan kecelakaan saat berlalu lintas dapat terjadi di setiap ruas jalan Kabupaten Garut. Kecelakaan dapat terjadi bergantung dari kondisi jalan raya hingga pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas. 

"Seluruh wilayah Garut dimungkinkan terjadi kecelakaan terkait kondisi jalan raya hingga pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas. Oleh karena itu, seluruh personel kami sebar ke semua wilayah Garut, khususnya di titik-titik rawan seperti di wilayah selatan Garut, Limbangan, dan lainnya," paparnya. 

Kapolres Garut menegaskan pihaknya akan memberlakukan sanksi tilang baik tilang manual atau tilang elektronik dalam setiap pelanggaran lalu lintas yang terjadi. 

"Selain ada tilang manual, ada juga tilang ETLE mobile, ini wajib diketahui seluruh masyarakat. Pengetahuan berlalu lintas harus ditingkatkan, dan ini prioritas kami," ujarnya. 

Masyarakat yang melanggar akan diberi pemahaman selama tindakan penegakan berlangsung, sesuai pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik namun humanis. 

“Tujuan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2023 yakni untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menurunkan pelanggaran serta mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran," katanya. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network