Pemkab Kuningan Bangun Jalan Lingkar Atasi Kemacetan saat Liburan di Kawasan Wisata Palutungan

Andri Yanto
Pemkab Kuningan,, Jawa Barat, kini memulai lagi pembangunan jalan lingkar Cisantana-Cipari yang tak lain menuju kawasan wisata di Palutungan. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini memulai lagi pembangunan jalan lingkar dari Cisantana menuju Cipari. Pembangunan jalan ini menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan, saat momen liburan di kawasan Wisata Palutungan.

“Hari ini kita mulai, rencananya mudah-mudahan selesai dalam 3 bulan ke depan. Sebab sekarang masa yang tepat untuk pembangunan di musim kemarau, apalagi pembukaan dan pemadatan jalan sudah kita lakukan dari tahun lalu,” kata Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH kepada awak media, Selasa (5/9/2023).

Pihaknya bersyukur, karena ikhtiar yang sudah dilakukan mendapat respon baik dari pemerintah pusat. Sebab proyek jalan lingkar dari Cisantana menuju Cipari, masuk dalam program Proyek Jalan Nasional (PJN).

“Alhamdulillah Pak Presiden mengalokasikan dana APBN senilai Rp 23 miliar. Yakni untuk pembangunan ruas jalan sejauh 2,4 kilometer,” sebutnya.

Dia menyebut, jika pembangunan jalan lingkar yang digarap yakni ruas jalan Cisantana-Cipari dan Cipasung-Subang. Apalagi untuk jalan lingkar Cipasung-Subang kini sedang berjalan, anggaran senilai Rp 33 miliar.

“Targetnya ini harus beres (sebelum akhir periode), ini rezeki bagi masyarakat di Kabupaten Kuningan. Semoga dengan seperti ini, fasilitas yang ada bertambah menjadi lebih lengkap,” kata Acep.

Apalagi ruas jalan Cisantana-Cipari, lanjutnya, dapat membantu kelancaran lalu lintas kawasan wisata Palutungan. Semoga semua pihak dapat bersama-sama mengendalikan sisi konservasi dan tata ruang yang ada.

“Karena tak dipungkiri, nantinya bakal ramai untuk perekonomian masyarakat. Sehingga semua harus tetap saling bekerja sama, agar memperhatikan tata ruang maupun menjaga konservasi lingkungan,” imbuhnya.

Pihaknya berencana pula, membangun terminal wisata di wilayah Cisantana. Sehingga kendaraan rombongan pengunjung wisata dapat ditempatkan di lokasi tertentu, tidak terparkir di badan jalan sepanjang akses masuk kawasan wisata di Cisantana.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network