Ratusan Warga Ikuti Maulid Nabi di Komplek Makom Raden Bagus Wiralodra Indramayu

Tomi Indra
- Yayasan Raden Bagus Wiralodra bersama ratusan masyarakat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Komplek Makom Raden Bagus Wiralodra Indramayu. (Foto: Ist)

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - Yayasan Raden Bagus Wiralodra bersama ratusan masyarakat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Komplek Makom Raden Bagus Wiralodra Indramayu, Jawa Barat, Minggu (15/10/2023). Kegiatan kali pertama di komplek makam leluhur yang berada di Desa Sindang itu, disambut antusias warga setempat.

Ketua Panitia, Raden Esmega mengatakan, peringatan maulid yang dilaksanakan betujuan untuk memuliakan kanjeng nabi, dan kebetulan di makam Raden Bagus Wiralodra belum pernah diadakan.

“Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita adakan, kita tambahkan dengan rangkaian kegiatan lain termasuk ikut melestarikan budaya para leluhur,” ucapnya.

Pembina Yayasan Raden Bagus Wiralodra, Raden Inu Danubaya mengatakan, Tawurji adalah merupakan tradisi bersedekah.

“Tawur dimaknai menabur koin dan sejenisnya, sedangkan aji merujuk pada tuan haji atau orang yang mampu. Esensi ritual tawurji adalah bersedekah,” ujar dia yang merupakan Keturunan Wiralodra Ke-XII.

Kegiatan ditandai dengan penabuhan gong sebagai pembuka kegiatan. Warga pun kemudian menggelar arak-arakan tumpeng dari Balai Desa Sindang menuju Makam Raden Bagus Wiralodra. Ada puluhan tumpeng yang diarak dari sumbangsih masyarakat sejumlah desa.

Hadir dalam acara tersebut seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, politisi, dan keluarga trah Wiralodra hadir dalam kegiatan tersebut.

Raden Inu Danubaya menilai, dengan digelarnya kegiatan ini membuat semua status sosial dan ekonomi duduk sama rendah dalam acara maulid di Makam Raden Bagus Wiralodra.

Di sisi lain, Ia menjelaskan, tradisi kumpul tumpeng ini melambangkan kesuburan alam serta merefleksikan masyarakat yang hidup dari sawah, kebun, dan laut. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas berlimpahnya hasil bumi mereka.

Petani memberikan hasil panen mereka, kemudian nelayan memberikan hasil melaut untuk diolah menjadi beragam makanan. Tumpeng itu lalu dihidangkan untuk kemudian dimakan secara bersama-sama.

Sementara Kepala Desa Sindang, Carnita menambahkan, pihaknya mengapresiasi kepada trah wiralodra dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Apalagi, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di makam Raden Bagus Wiralodra sudah dinanti-nantikan oleh Masyarakat

“Alhamdulillah kita bisa memenuhi keinginan masyarakat untuk mengadakan maulid di makom Raden Bagus Wiralodra, sekaligus bisa saling bersilaturahmi bersama warga," pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network