Pengaspalan Tahap 1 Proyek Jalan Wisata Cipari-Cisantana di Kuningan Rampung

Andri Yanto
Proyek jalan wisata Cipari-Cisantana di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dipastikan bakal rampung akhir November 2023. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id Proyek jalan wisata Cipari-Cisantana di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dipastikan bakal rampung akhir November 2023. Kepastian ini diperkuat dengan selesainya pengaspalan jalan lapis pertama sepanjang 2,2 kilometer.

Kemudian pengerjaan proyek jalan akan dilanjutkan dengan pengaspalan lapis kedua. Proyek jalan sepanjang 2,2 kilometer itu memiliki lebar sekitar 7 meter.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi saat dikonfirmasi awak media, Rabu (8/11/2023), membenarkan soal selesainya pengaspalan lapis pertama proyek jalan wisata Cipari-Cisantana. Kondisi ini sesuai dengan target awal yang diharapkan pemerintah terkait penyelesaian proyek jalan tersebut.

“Berdasarkan informasi di lapangan, pekerjaan sesuai target. Saat ini sedang dimulai pekerjaan inti yaitu lapis permukaan hotmix dua lapis sepanjang 2,2 kilometer dan lebar 7 meter,” ungkapnya.

Dia memperkirakan, jika akhir bulan ini pekerjaan proyek jalan wisata segera rampung.

“Insya Allah akhir bulan ini pekerjaan pengaspalan bisa selesai. Masyarakat bisa segera menikmati jalur tersebut,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berencana akan memasang langsung sebanyak 50 PJU di sepanjang jalan wisata Cipari-Cisantana.

“Jadi selain hotmix, nanti di sini juga akan langsung dipasang penerangan PJU sekitar 50 titik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Kuningan H Acep Purnama memang menargetkan proyek jalan wisata Cipari-Cisantana rampung dalam 3,5 bulan sejak awal pengerjaan. Sehingga pada awal Desember 2023, jalan tersebut sudah dapat dilalui kendaraan.

Diharapkan, setelah proyek jalan pariwisata selesai dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat. Namun tetap harus diperhatikan nilai konservasi di sepanjang kawasan jalan pariwisata.

Diketahui, jika proyek jalan lingkar Cipari-Cisantana menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan ketika momentum liburan. Apalagi, proyek jalan lingkar ini masuk dalam program Proyek Jalan Nasional (PJN).

Setidaknya Pemerintah Pusat menganggarkan Rp 23 miliar dari APBN untuk proses pembangunan jalan Cipari-Cisantana. Yakni dengan pengerjaan jalan sepanjang 2,2 kilometer.

Tak hanya itu, Pemda Kuningan berencana membangun terminal wisata di wilayah Cisantana. Sehingga kendaraan rombongan pengunjung wisata dapat ditempatkan di lokasi tertentu, tidak terparkir di badan jalan sepanjang akses masuk kawasan wisata di Cisantana.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network