Video Satpol PP Garut Dukung Cawapres Gibran Diselidiki

Fani Ferdiansyah
Video 13 personel Satpol PP Kabupaten Garut menyampaikan dukungan mereka untuk cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka beredar di media sosial.

GARUT, iNewsIndramayu.id - Kasus video para personel Satpol PP Kabupaten Garut yang menyatakan dukungannya untuk salah satu calon wakil presiden (Cawapres) dalam Pilpres 2024 tengah diselidiki. Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Satpol PP Garut TB Agus Sofyan, mengatakan pihaknya akan melakukan investigasi terhadap video yang telah beredar di masyarakat melalui media sosial itu. 

"Akan kami cari tahu siapa pembuat video, khawatirnya ada orang partai yang memberi iming-iming," kata TB Agus Sofyan, Selasa (2/1/2024). 

Dia menegaskan pihak Provost Satpol PP Kabupaten Garut tengah memproses rekaman video yang berisi dukungan untuk Cawapres Gibran Rakabuming Raka dari enam petugas pria dan tujuh petugas wanita tersebut. 

Satpol PP Kabupaten Garut, tambahnya, juga akan memanggil setiap personel yang terlibat dalam video. Pemanggilan diperlukan untuk mengetahui kronologi dan kepentingan penyelidikan internal. 

"Sampai sekarang belum jelas bagaimana kronologinya karena masih proses investigasi. Kami pastikan, Satpol PP Garut netral dan kami telah membuat ikrar," ujarnya. 

Dirinya menyayangkan karena para personel tersebut mengenakan seragam dan mengatasnamakan Satpol PP Kabupaten Garut. TB Agus Sofyan pun mengungkap bahwa status para petugas dalam video bukanlah ASN/PNS dan PPPK. Menurutnya, ke-13 personel yang ada dalam rekaman video berstatus sebagai Sukwan. 

“Mereka memang anggota Satpol PP, status mereka di kami ini Sukwan,” ucapnya.

Sebelumnya, video sejumlah personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut mendukung salah satu calon wakil presiden (Cawapres) beredar di media sosial. Video berdurasi 19 detik itu pun tersebar melalui sejumlah aplikasi pesan instan, salah satunya WhatsApp (WA). 

Pada video tampak 13 personel Satpol PP Kabupaten Garut menyampaikan dukungannya terhadap cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Dalam narasinya, mereka menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan pemimpin muda masa depan. 

Seorang petugas Satpol PP yang memimpin narasi dalam video mengungkapkan bahwa mereka berasal dari Forum Bantuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut. Adapun narasi lengkap yang disampaikan adalah berikut.

“Bismiilahiirahmanirrahi, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami dari forum komunikasi bantuan polisi pamong praja Kabupaten Garut menyatakan Indonesia membutuhkan pemimpin muda di masa depan. Mas Gibran Rakabuming Raka, terima kasih,” kata para petugas Satpol PP Garut tersebut. 

Saat menyampaikan dukungannya, para petugas Satpol PP wanita terlihat kompak mengangkat foto Gibran Rakabuming Raka. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network