INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Berli Hamdani Gelung Sakti, beserta jajaran melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Indramayu, Kamis (1/2/2024).
Dalam kunjungannya, Kepala Disdukcapil Provinsi Jabar beserta rombongan mengunjungi beberapa lokasi, diantaranya SMAN 1 Lohbener, Kantor Disdukcapil Kabupaten Indramayu, serta Mal Pelayanan Publik (MPP).
Dimana kunjungan kerja kali ini untuk meninjau penyelenggaraan layanan administrasi kependudukan (adminduk), baik itu pada layanan keliling maupun layanan yang diselenggarakan di Kantor Disdukcapil dan MPP Kabupaten Indramayu.
Selain itu, didampingi Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M, beserta jajaran, dilaksanakan juga penyerahan secara simbolis KTP-el pemula dan dokumen adminduk lainnya kepada pelajar dan masyarakat oleh Kepala Disdukcapil Provinsi Jabar.
Dalam arahannya, Kepala Disdukcapil Provinsi Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti, menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas layanan kependudukan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Kabupaten Indramayu.
Terlebih, kata dia, dengan adanya layanan dukcapil keliling yang secara periodik mengunjungi desa, kecamatan, maupun sekolah-sekolah, serta kegiatan masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu, dapat memberikan kemudahan sekaligus mendekatkan layanan kependudukan kepada masyarakat.
“Indramayu ini luar biasa, dengan hadirnya layanan keliling secara terus-menerus dapat memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Semoga layanan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga semakin banyak memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu. Apalagi sekarang alhamdulillah adanya MPP, semoga bisa lebih meningkatkan kualitas layanan,” ungkap Berli.
Menurutnya, saat ini yang diperlukan masyarakat dalam menjangkau layanan publik sebenarnya adalah kemudahan akses dan kualitas layanan. Dengan demikian, tambah Berli, kedua hal tersebut harus terus ditingkatkan, terutama akses jaringan karena layanan dukcapil ini sangat tergantung pada teknologi informasi.
“Walaupun sistem informasi kependudukan masih terpusat di Kemendagri bukan berarti menjadi sulit. Bila didukung jaringan yang kuat pada masing-masing kabupaten/kota, layanan terpusat tersebut dapat dijangkau secara maksimal dan mendapat kualitas data kependudukan lebih baik,” katanya.
Kemudian, Berli juga menjelaskan, dukcapil sendiri menghasilkan dua output yaitu data dan dokumen, sehingga selain dukungan jaringan dan teknologi yang mumpuni, validitas dan konsistensi informasi yang diinput pada sistem oleh operator sudah tepat guna menghindari berbagai permasalahan terkait kependudukan.
Sementara itu, Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana M, mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan di Kabupaten Indramayu maupun arahan yang diberikan Kepala Disdukcapil Provinsi Jabar.
Menurut dia, hal tersebut menjadi penyemangat tersendiri bagi dirinya beserta jajaran untuk dapat terus memberikan layanan adminduk secara maksimal kepada masyarakat.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Disdukcapil Provinsi Jabar yang telah berkenan hadir memonitor layanan adminduk dan memberikan arahan. Ini merupakan tambahan motivasi bagi kami. Apalagi Ibu Bupati Indramayu selama ini terus memberikan dukungan terhadap pelayanan kepada masyarakat terutama layanan adminduk ini,” pungkasnya. (*)
Editor : Tomi Indra Priyanto
Artikel Terkait