Chip-In Literasi Digital di Acara Indramayu Fiesta, Hadirkan Armada Band Sebagai Bintang Tamu Utama

Selamet Hidayat
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, akan menyelenggarakan Indramayu Fiesta pada tanggal 23 Juni 2024 di Lapangan Sport Centre Atletik sebagai bentuk hiburan bagi masyarakat. (Foto: Istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, akan menyelenggarakan Indramayu Fiesta pada tanggal 23 Juni 2024 di Lapangan Sport Centre Atletik sebagai bentuk hiburan bagi masyarakat.

Acara ini akan dimulai dari pukul 06.30-21.00 WIB. Rangkaian acaranya sendiri diramaikan dengan senam pagi, bazar kuliner, penampilan local talent, talkshow literasi digital, serta Armada Band sebagai bintang tamu utama sekaligus penutup jalannya festival.

Selain itu, kegiatan yang akan diselenggarkan oleh Pemkab Indramayu ini, diisi dengan talkshow “Kebal Hoax : Ayo Jadi Netizen Kritis!” sebagai rangkaian acara. 

Agenda Chip-In Literasi Digital di acara Indramayu Fiesta ini dihadiri sekitar 20 ribu peserta se-Kabupaten Indramayu dengan fokus materi terkait etika dan cakap digital, aman serta etika digital.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021.

Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin.

Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator teratas. 

Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022).

Sedangkan indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan. Seperti keterbiasaan mencari tahu apakah informasi yang ditemukan di website benar atau salah naik dari 3,05 (tahun 2021) menjadi 3,25 (tahun 2022).

Walaupun secara umum terdapat kenaikan indikator, namun pengetahuan responden mengenai perangkat keras dan lunak mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pengetahuan perangkat keras mengalami sedikit penurunan dari 49 persen menjawab benar, menjadi 42 persen menjawab benar.

Begitu juga pengetahuan tentang perangkat lunak yang mengalami penurunan dari 48 persen menjawab benar, menjadi 45 persen menjawab benar.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. 

Kegiatan Talkshow ini akan diisi oleh Dadan Oce Iskandar (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu) yang akan membawakan materi aman digital, Aulia Putri Juniarto (Tutor dan Fasilitator Nasional) yang membawakan materi cakap digital, dan Aidil Wicaksono Juniarto (l-Lecturer, Enterpreneur, Digital Traineer, Podcaster dan Project Manager Consultant) yang membawakan materi etika digital.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network