Salurkan CSR, Bina Pertiwi Latih Kader Posyandu Cegah Stunting di Cirebon

Tarjoni
PT Bina Pertiwi saat menggelar pelatihan kader Posyandu Desa Sibubut, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, bersama pihak Puskesmas setempat. Foto: Joni

CIREBON, iNewsIndramayu.id-Anak perusahaan PT United Tractors Tbk yang juga bagian dari Astra Grup, PT Bina Pertiwi (BP) terus menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan. 

Salah satu langkah konkritnya adalah memberikan pelatihan bagi kader posyandu di berbagai wilayah, termasuk Posyandu Nusa Indah, Desa Sibubut, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon.

Bina Pertiwi mengadakan pelatihan khusus bagi kader  Posyandu Nusa Indah bersama petugas Puskesmas Gegesik di balai desa setempat pada Jumat (5/7). Langkah ini diambil untuk memperkuat peran kader dalam pencegahan stunting dan meningkatkan gizi anak-anak di daerah tersebut.

"Kami percaya bahwa dengan memberdayakan kader posyandu, kami dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan dasar di masyarakat," kata Hanifah Qonita, ESG Analyst Bina Pertiwi, kepada wartawan usai pelatihan. 

Selain pelatihan, perusahaan yang fokus di bidang pertanian, industri, konstruksi, pertambangan, dan energi ini, juga secara rutin memberikan bantuan lainnya yang masuk dalam program keberlanjutan. 

Kata dia, pihaknya melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang balita di Posyandu Nusa Indah, dengan bantuan rutin bulanan dan serta beberapa kali melakukan pemberian kebutuhan sarana prasarana posyandu, kegiatan pelatihan kader posyandu, dan menyediakan seragam posyandu binaan.

"Kami melihat kader posyandu sebagai ujung tombak dalam program kesehatan di masyarakat. Mereka dilatih untuk memahami berbagai aspek kesehatan, termasuk pencegahan penyakit, gizi, imunisasi, serta pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak," jelas Hanifah.

"Dengan pendampingan yang baik, kader posyandu dapat lebih efektif dalam memberikan edukasi dan pelayanan kepada warga," ujarnya melanjutkan.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah memiliki lima posyandu binaan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, yaitu Posyandu Rawaterate 4B Cakung, Posyandu Rawaterate 4C Cakung, Posyandu Nusa Indah Cirebon, Posyandu Teratai 1 Sidrap, dan Posyandu Sakura 9 Tebing Tinggi. 

Dengan total 344 balita dan 33 kader posyandu, Bina Pertiwi secara rutin memberikan dukungan untuk perbaikan kualitas gizi melalui posyandu.

"Pemilihan lokasi Desa Sibubut, Gegesik, Cirebon dikarenakan termasuk ring 1 area bisnis perusahaan di Sibubut Cirebon, sehingga kami melakukan kegiatan CSR pada area ring 1 bisnis," tambah Hanifah.

Program ini tidak hanya berfokus pada pendampingan balita, tetapi juga mencakup pembinaan kader posyandu. Di Cirebon, rangkaian kegiatan ini melibatkan kolaborasi dengan Puskesmas Gegesik untuk memberikan arahan terkait peran kader posyandu dalam efektivitas pelaksanaan kegiatan posyandu, serta sesi diskusi.

"Melalui program posyandu binaan, kami berharap dapat berpartisipasi dalam mencapai poin SDGs di Indonesia, meningkatkan indeks kualitas kesehatan pada balita, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan berkala bagi balita," pungkasnya.

Pemerintah Desa Sibubut, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, menyambut baik dan memberi apresiasi yang tinggi atas bantuan CSR dari PT Bina Pertiwi. 

"Kami sangat berterima kasih kepada PT Bina Pertiwi atas bantuan yang diberikan. Sejak 2022, jumlah balita stunting di Desa Sibubut mencapai 32 anak. Dengan adanya bantuan ini, jumlahnya kini berkurang menjadi 16 anak," ujar salah salah seorang perangkat Desa Sibubut Ruhiyatullah.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network