Nuansa Nusantara Meriahkan HUT ke-79 RI di Kilang Pertamina Balongan

Nursaid
Pengibaran Bendera Merah Putih di Kilang Minyak Balongan, Indramayu.

INDRAMAYU, iNewsIndramayu - Semangat keberagaman mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan. Upacara yang digelar di lingkungan Kilang Pertamina ini dihadiri oleh Direktur Optimasi Feedstock & Product PT KPI, Sani Dinar Saifuddin, bersama Tim Manajemen Pertamina RU VI Balongan, yang tampil mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Nusantara.

Penggunaan pakaian adat ini menjadi simbol dari keberagaman yang ada di Kilang Pertamina Balongan, tempat berbagai suku dan budaya bersatu untuk mengamankan kebutuhan energi dalam negeri.

Dalam amanatnya, Sani Dinar Saifuddin menyampaikan pesan dari Direktur Utama Pertamina yang menekankan tema nasional HUT RI ke-79, yakni “Nusantara Baru Indonesia Maju.” Pertamina mengusung tema “Energi Baru untuk Indonesia Maju” mencerminkan semangat kolektif untuk mewujudkan ketahanan energi yang menopang kemajuan bangsa.

Sani Dinar juga mengungkapkan kebanggaan Pertamina atas pencapaian tertinggi dalam sejarah perusahaan, yakni berada di peringkat 165 dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2024, menjadikan Pertamina sebagai perusahaan Indonesia yang mampu bersaing di kancah global.

“Ini adalah salah satu kado dari Pertamina untuk ulang tahun kemerdekaan negara kita,” ungkap Sani Dinar Saifuddin, yang bertindak sebagai pembina upacara.

Upacara ini berlangsung khidmat di bawah langit cerah, dihadiri oleh pekerja Pertamina yang beroperasi di wilayah Indramayu, termasuk PT KPI Unit VI, IT Balongan, Project Balongan, Politama Propindo, serta TNI, Polri, perwakilan pekerja Rumah Sakit Pertamina Balongan, dan Ibu-ibu PWP tingkat wilayah Balongan. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Muziki dari Security RU VI, dengan pasukan pengibar bendera yang terdiri dari Security RU VI dan anggota Arhanud 14 PWY.

Untuk membangkitkan semangat para perwira di Kilang Pertamina Balongan, sehari sebelum upacara, Sani Dinar Saifuddin menyempatkan diri menyapa pekerja di Ruang Rapat SSC RU VI serta mengunjungi Kedai Kopi Teman Istimewa, salah satu mitra binaan CSR Pertamina RU VI Balongan.

Secara terpisah, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, menyampaikan bahwa dalam peringatan HUT RI ke-79 ini, Kilang Pertamina Balongan turut memberikan dana apresiasi sebesar 85 juta rupiah kepada masyarakat sekitar. Bantuan ini disalurkan kepada 36 penerima di daerah penyangga Kilang Balongan, melalui kantor-kantor desa di Kecamatan Balongan, Kecamatan Indramayu, Kecamatan Juntinyuat, dan Karang Taruna se-Kecamatan Balongan yang mengadakan berbagai kegiatan perlombaan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network