Wajah Baru Iphone 16 yang Baru Dirilis, Intip Spesifikasi dan Harga di Sini

Noni Erviani
Apple baru saja merilis iPhone 16, rangkaian terbaru dari ponsel flagship mereka yang diluncurkan dalam acara 'It's Glowtime' di Cupertino, California, pada Senin (9/9).

iNewsIndramayu.id - Apple baru saja merilis iPhone 16, rangkaian terbaru dari ponsel flagship mereka yang diluncurkan dalam acara 'It's Glowtime' di Cupertino, California, pada Senin (9/9).

CEO Apple.Tim Cook, mengungkapkan bahwa iPhone generasi berikutnya ini "dirancang dengan Apple Intelligence sejak awal", menandai dimulainya era baru yang lebih canggih dan inovatif.

Jajaran iPhone 16 terdiri dari empat varian, yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dilengkapi dengan chipset A18 terbaru, yang diklaim Apple menawarkan peningkatan signifikan dalam performa dan efisiensi, termasuk daya tahan baterai yang lebih lama.

Kedua varian ini memiliki fitur layar Super Retina XDR dengan ukuran layar 6,1 inci untuk iPhone 16 dan 6,7 inci untuk iPhone 16 Plus. Layarnya mendukung HDR, memiliki resolusi tinggi, serta lapisan pelindung keramik yang tahan gores dengan tingkat kecerahan mencapai 2.000 nits.

Desain iPhone 16 dan 16 Plus terbilang minimalis namun tetap elegan, menggunakan material kaca di bagian belakang dan bingkai aluminium.

Sertifikasi IP68 juga membuat ponsel ini tahan air dan debu. Selain itu, posisi kamera belakang yang sebelumnya tersusun diagonal kini berubah menjadi vertikal.

Sistem kamera ganda ini terdiri dari kamera utama 48 MP dengan teknologi Sensor-shift OIS dan kamera ultra-wide 12 MP, memungkinkan pengguna mendapatkan kualitas foto yang lebih baik, termasuk fotografi makro dan kemampuan telefoto 2x.

Apple juga memperkenalkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dengan ukuran layar yang lebih besar, yaitu 6,3 inci dan 6,9 inci.

Keduanya dibekali bodi titanium yang kokoh, serta dilengkapi tombol Camera Control dan Action Button, seperti varian iPhone 16 lainnya.

Chip A18 Pro dengan teknologi 3 nm pada kedua varian Pro ini menjanjikan kapasitas memori lebih besar serta Neural Engine 16-core terbaru yang mampu mendukung kemampuan komputasi yang lebih cepat dan efisien.

Dalam hal kamera, iPhone 16 Pro dan Pro Max menyematkan tiga kamera di bagian belakang, termasuk kamera utama 48 MP Fusion Camera, kamera ultra-wide 48 MP, dan kamera telephoto 12 MP tetraprism dengan kemampuan zoom optik 5x.

Apple juga menekankan fitur Apple Intelligence, yang dikatakan mampu menjaga privasi pengguna melalui Komputasi Cloud Pribadi.

Teknologi ini memanfaatkan model komputasi berbasis perangkat dan server untuk meningkatkan kapasitas komputasi sesuai kebutuhan pengguna.

iPhone 16 Pro dan Pro Max tersedia dalam pilihan warna titanium hitam, titanium natural, titanium putih, dan titanium desert, dengan opsi penyimpanan mulai dari 128GB hingga 1TB.

Sementara itu, iPhone 16 hadir dalam lima pilihan warna cerah, yakni hitam, putih, pink, ultramarine, dan teal.

Untuk harganya, iPhone 16 dijual mulai dari US$799 (sekitar Rp12,3 jutaan), sedangkan iPhone 16 Plus dibanderol mulai dari US$899 (sekitar Rp13,8 jutaan).

Varian Pro dijual dengan harga mulai US$999 (sekitar Rp15,4 jutaan) untuk iPhone 16 Pro dan US$1.199 (sekitar Rp18,5 jutaan) untuk iPhone 16 Pro Max.

Fitur Apple Intelligence yang tersemat di seluruh varian iPhone 16 disebut dapat memanfaatkan kemampuan Apple silicon untuk menyederhanakan tugas sehari-hari.

Teknologi ini juga membantu dalam peningkatan kemampuan menulis dan komunikasi yang lebih efektif, sekaligus memungkinkan pengguna memanfaatkan konteks personal untuk mempercepat berbagai aktivitas di seluruh aplikasi.***

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network