Wapres RI Resmikan Universitas Darul Ma’arif di Indramayu

Selamet Hidayat
Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin saat peresmian Universitas Darul Ma’arif Indramayu. (Foto: iNewsIndramayu.id/Selamet Hidayat)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024), untuk meresmikan Universitas Darul Ma’arif.

Wapres RI dan rombongan berangkat dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 08.45 WIB menggunakan Helikopter VVIP Kepresidenan Super Puma menuju Helipad Darul Ma’arif, Indramayu.

Usai menempuh penerbangan sekitar satu jam, Wapres tiba di Indramayu dan rencananya akan disambut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Dadang Arif Abdurahman, Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus, dan Ketua Pembina Yayasan Darul Ma’arif, Dedi Wahidi.  

Setelah penyambutan, Wapres melanjutkan perjalanan ke Universitas Darul Ma’arif di Jalan Raya Kaplongan, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu. Pada pukul 10.00 WIB, Wapres dijadwalkan meresmikan universitas tersebut yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).

Universitas Darul Ma’arif sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) NU Indramayu yang berdiri sejak 21 Desember 2012. Lembaga pendidikan ini berada di bawah Yayasan Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu dan semula hanya memiliki tiga program studi, di antaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, serta Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.

Sejak 23 Juli 2024, melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 505/E/0/2024, STKIP NU Indramayu resmi beralih status menjadi Universitas Darul Ma’arif. Transformasi ini memungkinkan universitas tersebut membuka lima fakultas baru, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Agama Islam.

Selain itu, Universitas Darul Ma’arif juga menambah lima program studi baru, yaitu Matematika, Teknik Sipil, Agribisnis, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Syariah.

Setelah meresmikan Universitas Darul Ma’arif, Wapres melanjutkan perjalanan ke Universitas Indonesia, Depok, untuk menghadiri Sidang Promosi Doktor Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Bahlil Lahadalia.

Dalam kunker ini, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, serta Staf Khusus Wapres, Masduki Baidlowi dan Muhammad Imam Aziz. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network