Keren! Rumah Inkubasi Sukra Percepat UMKM Indramayu Naik Kelas

Selamet Hidayat
Manager Business Support, Agus Kurniawan, menunjukkan produk UMKM dari Kelompok Kamboja Desa Bogo. (Foto: Istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Komitmen PLN Nusantara Power (PLN NP) terhadap pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Indramayu tidak perlu diragukan lagi. 

PLN NP Unit Pembangkitan Indramayu meresmikan Rumah Inkubasi Sukra, wadah kolaborasi, pemasaran UMKM, dan peningkatan kapasitas masyarakat di Indramayu.

Melalui Rumah Inkubasi, perusahaan mendorong percepatan peningkatan kapasitas UMKM, pemuda, hingga Komunitas Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Peresmian ini turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sukra, Kepala Desa Sukra, Gerakan Pemuda Ansor, Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama, hingga Karang Taruna Desa Sukra.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Kepala Desa Sukra. Peresmian Rumah Inkubasi dibuka dengan pertunjukan kebudayaan tari daerah Indramayu.

Senior Manager PLN NP UP Indramayu, Munif, menyampaikan kebanggan atas terjalinnya kolaborasi ini. Gerakan para pemuda dalam usaha-usaha meningkatkan kapasitas dan ekonomi masyarakat patut didukung. Ia juga mengatakan bahwa perusahaan siap berdiri di samping untuk bersama-sama mencapai tujuan yang dimaksud.

“Kami akan selalu hadir untuk itikad baik seperti ini. Rumah Inkubasi ke depan akan menjadi jujugan masyarakat. Maka dari itu perlu terus berbenah untuk lebih baik dari segi visi, pengelolaan, hingga manajemen sumber daya manusianya,” kata Munif, Sabtu (19/10/2024).

Hal senada dikatakan Bagus Asep Trisnadi selaku Camat Sukra. Dalam sambutannya, dia meminta inisiatif baik ini tidak boleh berhenti di tengah jalan. Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menyiapkan berbagai program untuk pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, keberadaan Rumah Inkubasi akan mempercepat usaha peningkatan taraf hidup masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah.

“Kami berterima kasih kepada PLN NP UP Indramayu karena telah banyak membantu. Harapannya setelah ini banyak UMKM yang dapat diwadahi Rumah Inkubasi dan ke depan menjadi tujuan masyarakat dalam mencari oleh-oleh khas Indramayu,” kata Bagus

Rumah Inkubasi tidak hanya mewadahi UMKM tetapi juga menjadi tempat bertumbuh bagi Komunitas PMI di Kecamatan Sukra. Kamboja merupakan salah satu kelompok UMKM yang berasal dari Desa Bogor. Kelompok yang terdiri dari para purna PMI ini memanfaatkan Rumah Inkubasi dalam meningkatkan kapasitas mereka untuk mengelola produk makanan olahan. Mulai dari pelatihan, branding, hingga pemasaran. 

Rumah Inkubasi bersama PLN NP UP Indramayu mendorong percepatan Kamboja hingga dapat menciptakan produk yang dapat bersaing di pasar global.

Secara simbolis, Rumah Inkubasi diresmikan dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng oleh Agus Kurniawan, Manager Business Support PLN NP UP Indramayu, Camat Sukra, dan Kepala Desa Sukra. Tidak hanya simbolis peresmian, terdapat bazar UMKM yang dihadiri oleh produk asli masyarakat Desa Sukra.

Acara dilanjutkan dengan agenda Sukra Ria Vol. 2 yang dihelat pada Jumat malam. Pada agenda tersebut terdapat pertunjukan musik, pembacaan puisi, stand up comedy, dan dongeng.

Gelar kesenian ini sebagai salah satu perwujudan bahwa Rumah Inkubasi adalah rumah yang inklusif bagi semua. Ke depan, perhelatan ini akan digelar secara berkala sebagai bentuk promosi produk-produk asli Kabupaten Indramayu. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network