get app
inews
Aa Read Next : Dukcapil Mlayu, Cara Bupati Nina Agustina Maksimalkan Cakupan Adminduk di Wilayah Indramayu

Taman Puspa, Bupati Indramayu: Konsep Ketahanan Pangan di Setiap Desa

Sabtu, 17 Desember 2022 | 19:21 WIB
header img
Bupati Indramayu Nina Agustina menyapa dan menyalami warga Desa Krimun usai meninjau pekerjaan pembangunan Taman Puspa di Desa Krimun, Kecamatan Losarang. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Bupati Indramayu Nina Agustina meninjau pekerjaan pembangunan Taman Pusat Pangan Alami (Puspa) di Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Jumat (16/12/2022).

Keberadaan Taman Puspa ini nantinya sebagai konsep ketahanan pangan di setiap desa. Konsep ini mendorong masyarakat desa untuk memanfaatkan potensi masing-masing yang melibatkan pemerintah desa dan masyarakat.

Lahan seluas 1 hektare yang berlokasi di Desa Krimun, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu disulap untuk pembangunan Taman Puspa. Didalamnya akan terdapat kolam ikan, taman hidroponik, dan edukasi hewan.

Bupati Nina Agustina mengatakan, keberadaan Taman Puspa Desa Krimun ini selain untuk menciptakan ketahanan pangan masyarakat secara mandiri, juga menjadi tempat wisata lokal dan media pembelajaran outdoor anak-anak.

“Taman Puspa Desa Krimun ini menjadi wisata lokal dan tempat edukasi untuk anak-anak,” kata dia dalam keterangannya.

Nina Agustina meminta, kehadiran Taman Puspa Desa Krimun ini perlu didukung sebaik mungkin oleh dinas terkait salasatunya untuk pengembangan tanaman holtikultura.

“Jadi walau menjadi pengembangan holtikultura. Namun seperti benar-benar alami,” pinta dia. 

Bupati Nina juga berpesan kepada camat se-Kabupaten Indramayu untuk rutin mengadakan monitoring dan evaluasi (Monev) bersama para kepala desa. Hal ini guna menyikapi segala persoalan di lapangan dan bentuk perhatian kepada masyarakat.

“Camat-camat lakukan Monev setiap minggunya bersama kuwu. Camat dan kuwu lakukan pemantauan seperti jalan-jalan rusak. Jalan mana yang menjadi ranah desa, pemkab dan provinsi. Sehingga nantinya kita tidak pilih-pilih dalam memperbaiki jalan yang rusak,” terang Bupati Indramayu kepada para Camat.

Kemudian para camat diharapkan turun ke lapangan mengecek wilayah kerja masing-masing dan memberikan pemahaman kepada pengusaha bahwa untuk mendirikan suatu usaha harus melakukan proses perizinan dengan baik dan benar.

“Meski akan dibuat tempat kost-kostan tapi harus ditempuh perizinannya. Camat harus turun ke lapangan dan juga sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi seperti pencegahan kekerasan seksual dan lainnya,” tutup Nina Agustina. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut