get app
inews
Aa Read Next : Tali Asih Komandan Seskoad, Berikan Bantuan Sosial untuk Renovasi Masjid di Garut

Pemain Runescape Veteran Kesal dengan Akun-Akun Bot yang Kian Menjamur

Jum'at, 15 Maret 2024 | 15:08 WIB
header img
Pemain Runescape sangat geram dan protes terhadap akun-akun bot yang kian menjamur (Foto: Alfryan Irgie)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id Pemain RuneScape memberontak setelah pemilik uang besar baru mengatakan bahwa bot baik-baik saja.

Sebenarnya, para pengembang dengan marah menariknya kembali dan mengatakan bahwa mereka melarang 7 juta bot tahun lalu.

Pemain Runescape Geram dengan Kian Menjamurnya Akun Bot

Pengembang Old School RuneScape, Jagex, mencoba meredam ketidakpuasan pemain setelah adanya reaksi negatif yang sangat besar terhadap komentar-komentar mengenai menjamurnya akun-akun bot, yang sepertinya dibuat oleh pemilik baru perusahaan: CVC Capital Partners.

CVC membeli Jagex awal bulan ini dengan harga £900 juta. Sebuah akuisisi besar yang, tentu saja, menarik perhatian Financial Times.

Seorang sumber yang dekat dengan CVC mengatakan, "bot adalah bagian dari ekosistem RuneScape, memang begitu adanya,"

Ia menambahkan, semacam keseimbangan antara pemain dan bot di dalam game.

"Jika seorang pemain cukup berkomitmen untuk membayar tiga OSRS accounts, dan memiliki satu akun dan dua bot sebagai bagian dari ekosistemnya, maka jadilah itu," tambahnya.

Bot Akan Terus Eksis Selama Pemiliknya Membayar

Para pemain menganggapnya sebagai indikasi bahwa sejauh menyangkut CVC, bot akan dibiarkan terus berjalan selama pemiliknya membayar.

Seperti halnya di hampir semua MMO, bot adalah masalah yang terus-menerus muncul di OSRS, dengan akun otomatis yang dengan mudah mengalahkan farming, trading, dan mengungguli pemain manusia dalam permainan, merebut tempat di tabel skor permainan dengan cara yang membuat frustasi, dan membuat pemain putus asa.

Mendengar bahwa filosofi pemilik baru Jagex pada dasarnya adalah menyerah, memicu kegemparan di kalangan komunitas.

Reaksi Komunitas: Sikap Jagex terhadap Bot Memicu Kemarahan

Sebuah utas di subreddit OSRS berjudul "'Bot pada dasarnya baik-baik saja' - Manajemen Jagex yang baru", mengutip artikel FT secara langsung, dan menarik hampir 3.000 upvote dan lebih dari 1.000 komentar.

Sebuah komentar representatif dari pengguna Thaloman_ berbunyi, "Saya kira ketakutan terburuk semua orang pada dasarnya terkonfirmasi, dan menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana mereka telah menemukan bot yang jelas-jelas mereka laporkan ke Jagex beberapa kali tanpa hasil”.

"Akun [bot] sekarang sudah maksimal, dan saya pasti tidak akan melakukannya lagi," kata Thaloman_.

"Tidak akan menghabiskan ratusan jam dalam hidup saya untuk melakukan sesuatu yang pada dasarnya bisa dilakukan orang lain dalam waktu 0 jam tanpa konsekuensi”, tutupnya.

Reaksi Thread Negatif yang Sangat Panas

Reaksi di thread Reddit cukup sengit sehingga moderator Jagex harus turun tangan untuk mencoba menenangkan orang-orang.

Mod Jagex, Ayiza, berkomentar bahwa "artikel tersebut tidak secara akurat mencerminkan strategi kami".

Ayiza menambahkan, "Sejak berita akuisisi muncul, banyak dari Anda yang mengatakan bahwa kami tidak melarang bot dengan sengaja. Itu tidak benar dan tidak akan baik untuk permainan,” ucapnya.

Sebelum menjabarkan beberapa statistik seputar pelarangan bot untuk menyoroti skala masalah dan komitmen Jagex untuk memeranginya.

Pertempuran Melawan Bot: Sekilas tentang Upaya OSRS yang Sedang Berlangsung

Beberapa dari statistik itu, karena mereka benar-benar menarik perhatian, alhasil OSRS melarang 6,9 juta akun tahun lalu dan telah melarang rata-rata 67.000 akun per minggu sejauh ini pada tahun 2024.

Selain itu, sekitar 900 miliar keping OSRS Gold dihapus setiap minggu dari ekonomi OSRS karena bot diblokir dan dikeluarkan dari permainan.

Skala masalahnya cukup mengejutkan, bahkan jika Anda tahu, seperti kebanyakan dari kita, bahwa bot adalah masalah yang bertahan lama untuk semua MMO.

Masih Ada Fans yang Masih Cemas dengan Akun-Akun Bot yang Masih Menjamur

Postingan itu sebagian tetapi tidak semuanya, berhasil menenangkan para penggemar, dengan banyak komentar sebagai tanggapan yang berterima kasih kepada mod atas tanggapan dan perincian statistiknya.

Sekarang, mungkin dalam upaya untuk memperkuat kekuatan memperbaiki keretakan, Jagex telah mengeluarkan "Bots, Bans, dan Banding: An Update," sebuah postingan di blog-nya yang menjelaskan lebih detail tentang filosofi anti-cheat Jagex beserta yang telah disebutkan di atas.

Jagex Masih Berkomitmen Untuk Melawan Bo-Bot yang Masih Ada

Saya tidak akan membahas keseluruhan artikel, tetapi cukup untuk mengatakan bahwa tanpa merujuk ke kehebohan yang disebabkan oleh artikel FT, Jagex menegaskan kembali komitmennya terhadap strategi anti-bot yang sedang berlangsung dan mencatat tindakan penyeimbangan yang rumit untuk melawan bot tanpa mengganggu pengalaman pemain.

Misalnya, para pengembang dapat melembagakan semua jenis penundaan untuk membuat otomatisasi tidak sepadan dengan waktu, namun hal tersebut akan berdampak pada orang-orang yang bermain secara sah juga.

67.000 Akun Bot Diblokir Per-Minggunya

Postingan tersebut juga mengungkapkan satu lagi statistik liar yakni, dari semua orang yang diblokir sejauh ini pada tahun 2024 (67.000 akun per minggu), akan tetapi proses banding Jagex hanya menemukan 38 larangan yang diterapkan dengan secara tidak benar. Alhasil, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk meyakinkan para pemain.

Sementara beberapa orang sangat optimis, banyak yang tampaknya mengadopsi pendekatan menunggu dan melihat apa dampak dari manajemen baru Jagex.

Yang menjadi perhatian khusus bagi beberapa penggemar OSRS adalah fakta bahwa postingan Jagex bertuliskan "The Old School Team" dan bukannya nama mod tertentu, yang dianggap sebagai tanda bahwa tidak ada yang mau mendukung pesan yang disampaikan.

"Jumlah kata yang mengesankan tanpa nilai," bunyi komentar dari bagy_ di subreddit OSRS, "Itu adalah bisnis yang berbicara, bukan mod kami,” tutupnya.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut