5 Minuman Ini Mampu Kurangi Kolesterol Usai Santap Daging Kurban

Tomi Indra
Minuman untuk mengurangi kolesterol, salah satunya jus tomat. Pixabay/dvinchain

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Kolesterol naik usai menyantap terlalu banyak daging kurban menjadi salah satu momok yang ditakuti sejumlah orang. Tak jarang setelah itu orang mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk menurunkan kadar kolesterol.

 

Akan tetapi, sebelum itu terjadi, ada sejumlah tips untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya ialah meminum minuman alami yang dipercaya khasiatnya mampu menurunkan kolesterol yang tinggi.

 

Sejumlah minuman ini bisa dibuat di rumah dan juga cukup mudah didapatkan. Simak minuman yang dipercaya mampu mengurangi kolesterol usai menyantap daging kurban berikut ini.

 

  1. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang disebut kaya akan antioksidan. Minuman ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya salah satunya ialah baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol.

Teh hijau ini bisa dikonsumsi dua cangkir dalam sehari. Tes jenis ini juga dipercaya baik bagi orang berpenyakit jantung, mampu membantu menurunkan berat badan, hingga mengurangi resiko diabetes.

 

  1. Jus tomat

Kandungan likopen dalam tomat dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menyebut konsumsi makanan dengan likopen dengan dosis di atas 25 mg per hari selama 2 minggu dari produk tomat bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 10 persen.

 

  1. Susu kedelai

Meminum susu kedelai ketimbang susu dengan lemak tinggi bisa mengurangi kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) sendiri merekomendasikan konsumsi 25 gram per hari kedelai. Jumlah tersebut bisa Anda konsumsi sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

 

  1. Jus timun

Bagi yang ingin meminum minuman segar usai menyantap olahan daging kurban, minum jus timun patut dicoba. Pasalnya dalam mentimun terdapat kandungan pektin yang tinggi. Pektin sendiri merupakan jenis serat larut air yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah hingga mengeluarkan racun di dalam tubuh.

 

  1. Jus beri

Buah beri juga termasuk buah yang kaya akan antioksidan dan dan bisa membantu untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kandungan Anthocyanin yang disebut berperan dalam membantu menurunkan kolesterol. 

Anda bisa membuatnya menjadi jus biasa atau juga smoothies beri. Namun pastikan gunakan susu rendah lemak sebagai campurannya.

 

Itulah 5 minuman yang dipercaya ampuh turunkan kolesterol. Tak perlu khawatir akan efek samping sebab minuman tersebut merupakan minuman alami.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network