Peringatan 1 Abad NU di Kuningan, 1.000 Kader Banser dan Pagar Nusa Bakal Diterjunkan

Andri Yanto
Sekitar 1.000 kader Banser dan Pagar Nusa bakal diterjunkan saat peringatan Harlah 1 Abad NU di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Foto: Andri

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id - Momentum 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, bakal diperingati secara meriah. Pasalnya, belasan ribu warga Nahdliyin bakal hadir pada perhelatan 1 Abad NU di komplek Stadion Mashud Wisnu Saputra Kuningan pada Rabu (15/2/203) esok.

Atas kondisi itu, 1.000 kader Banser dan Pagar Nusa bakal diterjunkan untuk menjaga berlangsungnya acara hingga selesai. Rencananya, gelar pasukan akan dilakukan terpusat di Gedung PC NU Kuningan sebelum memulai acara. Mereka akan mengaw pengurus NU yang akan berjalan kaki menuju lokasi Harlah 1 Abad NU.

Kasat Korcab Banser Kuningan, Dr Wahyu Hidayah didampingi Ketua Pagar Nusa Kuningan, Wibawa Gumbira menuturkan, Banser dan Pagar Nusa adalah garda terdepan untuk menjaga para kiai dan ulama. Maka wajib saat Harlah 1 Abad NU bersamaan dengan pelantikan PC NU Kuningan, selaku kader NU harus mengawal dan mensukseskan.

"Banser dan Banom merupakan bagian dari Badan Otonom NU. Maka sudah sepatutnya kami harus mensukseskan acara tersebut," tandasnya.

Anggota Banser dan Pagar Nusa diterjunkan, lanjutnya, selain untuk mengamankan Harlah 1 Abad NU dan pelantikan pengurus baru PC NU Kuningan, sekaligus untuk menjalin silaturahmi anggota Banom dan Pagar Nusa.

"Hari ini semua anggota Banser dan Pagar Nusa kita kumpulkan di Gedung NU, untuk mendapat pembekalan pemantapan keilmuan yang akan dibuka dan dihadiri Pak Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah. Kemudian besok kita akan mengamankan dan mengawal parade, yang akan diikuti para pengurus dan Banom NU yang lain," imbuhnya.

Menurutnya, parade anggota Banser dan Pagar Nusa sebagai bentuk rasa syukur dan cinta Banser dan Pagar Nusa kepada NU, yang sudah ikut berjuang dan mengawal para kiai dan ulama dalam syiar dakwah Islam.

"Muslimat, Ansor, Banser, Pagar Nusa, Fatayat, IPNU dan IPPNU serta Lembaga NU yang lain adalah bagian dari NU. Kami ada karena ada NU, karena kami dilahirkan dan dibesarkan oleh NU. Maka wajar jika hari ini kami suka cita dalam merayakan hari lahir NU," ungkapnya.

Dia menyebut, NU adalah organisasi dakwah yang sudah jelas memiliki kontribusi nyata terhadap NKRI. Yakni dalam berjuang di saat ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa bersama para pejuang yang lain.

"NU sudah terbukti sebagai penjaga NKRi dan Pancasila, dan menjaga dari rongrongan paham-paham yang akan merusak keutuhan, persatuan dan keberagaman dalam berbangsa dan bernegara. Maka kami (Banser) harus siap mengamankan dan menjaga  para kiai dan ulama," tutupnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network