PT KAI Buka Kelas Tarif Rendah Selama Arus Balik Lebaran 2023

Tarjoni
Ilustrasi Kereta Api di Stasiun Kejaksan Cirebon, Jabar. Foto: Joni

CIREBON,iNewsIndramayu.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka subkelas pada kelas eksekutif bagi penjualan tiket periode pasca Lebaran hingga 3 Mei 2023. Subkelas tersebut merupakan subkelas H, I, dan J dengan tarif rendah yang biasa KAI jual pada periode bukan peak season.

Calon penumpang KAI dapat membeli tiket dengan subkelas melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI. Contohnya, tarif KA Argo Cheribon relasi Cirebon - Gambir subkelas A pada saat peak season berkisar antara Rp245 ribu - Rp290 ribu, namun jika pelanggan membeli pada harga spesial ini, maka subkelas H, I atau J tarifnya berkisar antara Rp200 ribu - Rp225 ribu.

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi menyampaikan, KAI membuka penjualan tiket dengan tarif rendah pada periode balik lebaran ini, untuk memudahkan masyarakat bepergian menggunakan kereta api pada momen arus balik pasca lebaran. Pembukaan subkelas KAI dengan tarif rendah pada arus balik lebaran, kata dia, juga mendukung adanya imbauan pemerintah.

"Agar masyarakat tidak terkonsentrasi melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April saja. Jumlah tempat duduk kereta api pada periode pasca lebaran masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesan untuk bepergian,” ujar Ayep, Selasa (25/4/2023).

KAI Daop 3 Cirebon, lanjutnya, mencatat bahwa pada Lebaran di hari pertama dan kedua, peminatnya masih tinggi. Di hari pertama dan kedua lebaran atau 22 dan 23 April 2023, tiket KA Jarak Jauh yang terjual okupansinya mencapai 100 persen dengan rincian hari pertama lebaran terjual 3.698 tiket dan hari kedua Lebaran terjual 7.551 tiket.

Sedangkan Okupansi pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat cukup tinggi di pasca lebaran. Pada periode H+1 hingga H+3 Lebaran atau 24-26 April, rata-rata tiket KA Jarak Jauh yang terjual rata-rata okupansi mencapai 100 persen.

Adapun pada periode H+4 sampai H+10 atau tanggal 27 April hingga 3 Mei, tiket KA Jarak Jauh masih cukup banyak tersedia

"Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa angkutan lebaran ini memiliki berbagai keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya, yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network