Viral Ratusan Warga Pelosok Gotong Royong Bawa Pipa, Inspiratif Bikin Salut

Fani Ferdiansyah
Warga dari berbagai usia di Kampung Pariuk, Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut bersama-sama membawa pipa dalam aksi gotong royong program pipanisasi untuk kebutuhan air bersih. (TikTok/@eko_kdh)

GARUT, iNewsIndramayu.id – Video ratusan warga bergotong-royong memboyong pipa di Kampung Pariuk, Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut viral di media sosial. Rekaman visual tersebut mengabadikan usaha warga yang bergotong-royong untuk mengatasi krisis air bersih di wilayah permukiman mereka. 

Dari berbagai kalangan usia, warga yang juga dibantu relawan itu berbaris rapi sambil membawa pipa putih dengan panjang sekitar 5 meter. Mereka berjalan menuju sumber mata air. 

Pipa-pipa tersebut akan dipasang untuk mengalirkan air ke pemukiman mereka. Jalan yang mesti dilalui pun tidak mudah. 

Selain menyusuri area pesawahan, warga harus melewati perkebunan dengan kontur jalan menanjak serta jembatan kayu. Sang pengunggah video di akun TikTok @eko_kdh mengatakan, aksi kebersamaan warga kampung ini dapat memberikan manfaat yang tidak sebatas hasil jadi. 

"Tapi ada keringat mereka sendiri, karena dengan seperti itu mereka bisa menghargai usaha sendiri. Bagaimana dengan membangkitkan jiwa seperti itu, maka dengan seperti inilah diajak untuk memasang bersama," kata akun @eko_kdh saat diakses Senin (22/5/2023). 

Akun ini pun menambahkan, dalam program tersebut warga akan merasa memiliki, sebab proses pengerjaannya dilakukan oleh mereka sendiri. 

"Karena dengan usaha mereka sendiri, mereka akan merasa memiliki," ujarnya. 

Sementara itu, Erul dari Indonesia Quran Center (IQC) selaku pengagas kegiatan amal tersebut memaparkan, pemasangan pipa ini merupakan program Wakaf Bier Utsman ke-78. Jarak tempuh permukiman ke sumber air pun cukup jauh, yaitu 1,5 km atau 1.500 meter. 

"Jarak tempuh untuk menuju sumber air sekitar 1.500 meter. Dari sumber air adalah titik nol penyambungan pipa sampai ke pemukiman warga,">

Bantuan pengadaan air itu diperuntukkan bagi masyarakat dan masjid sebagai sarana ibadah. Pasalnya warga di kampung tersebut sudah lama mengalami kesulitan air bersih yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta beribadah. 

Selain Kampung Pariang, program serupa dilakukan di Kampung Babakan, Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi. Di Kampung Babakan, pipanisasi ditujuian untuk kebutuhan masyarakat sekitar dan Pondok Pesantren. 

Dari dua lokasi pengerjaan pipanisasi tersebut, lanjut Erul, dibutuhkan sekitar 3.000 meter pipa. 

"Ba'da Magrib kami melakukan perjalanan ke lokasi dengan perkiraan waktu empat jam perjalanan dari Garut Kota. Melewati pegunungan, jalannya terjal. Jadi berhati-hati untuk sampai ke Banjarwangi," ucap Erul. 

Video berdurasi 45 detik itu hingga kini setidaknya telah ditonton sekitar 299 ribu kali, serta mendapat 5.296 ribu like dan 181 komentar. Sebagian besar pengguna TikTok menyampaikan rasa salutnya di kolom komentar. (*) 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network