6 Petugas Medis Dampingi Keberangkatan 400 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Asal Garut ke Tanah Suci

Fani Ferdiansyah
Sebanyak 400 jemaah calon haji asal Garut dari kloter pertama diberangkatkan dari kompleks Pendopo, Selasa (23/5/2023) dini hari. Fani Ferdiansyah

GARUT, iNewsIndramayu.id - Pemerintah Kabupaten Garut memberangkatkan sedikitnya enam orang tenaga medis yang akan mendampingi jemaah calon haji kloter pertama ke Tanah Suci Makkah. Enam tenaga kesehatan tersebut diberangkatkan bersama 400 jemaah calon haji pada Selasa (23/5/2023) dini hari. 

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, setiap kloter jemaah calon haji akan didampingi oleh 6 orang tenaga medis. Para tenaga medis tersebut siap memberikan pelayanan kesehatan bagi para jemaah calon haji saat berada di Makkah, Madinah, hingga pulang ke Tanah Air. 

Selain tenaga medis, para jemaah calon haji yang berangkat juga akan didampingi oleh pendamping khusus dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Para pendamping ini akan membimbing ritual haji para jemaah hingga membantu segala sesuatu yang diperlukan. 

"Kepergian bapak-ibu (jemaah calon haji) yang hari ini berjumlah 400 orang, akan dibimbing oleh pembimbing-pembimbing dari KBIH. Tentu akan memberikan perhatian khusus," kata Rudy Gunawan. 

Ia berharap agar para jemaah calon haji asal Garut untuk senantiasa menjaga kondisi fisik selama menunaikan ibadah. Bupati Garut itu pun berpesan agar para jemaah selalu mengenakan name tag atau identitas untuk menghindari hal yang tak diinginkan. 

"Karena dengan gelang itu (name tag) memberikan kepastian bapak ibu kalau tersesat bisa kembali lagi di mana kita berada di Madinah maupun di Mekah," ujarnya.

Sebanyak 400 jemaah calon haji kloter pertama asal Garut ini diberangkatkan dari kompleks Pendopo dengan menggunakan 10 armada bus. Seperti diketahui, pada 2023 ini jumlah jemaah calon haji asal Garut yang akan berangkat ke Makkah tercatat sebanyak 1.938 orang. 

Keberangkatan mereka terbagi dalam enam kloter dan dua gelombang. Berikut kloter pemberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Garut;

1. Kloter 1 Gelombang I tanggal 23 Mei 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 03.15 WIB
2. Kloter 14 Gelombang I tanggal 28 Mei 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 13.00 WIB
3. Kloter 44 Gelombang II tanggal 9 Juni 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 01.00 WIB
4. Kloter 54 Gelombang II tanggal 13 Juni 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 03.15 WIB
5. Kloter 68 Gelombang II tanggal 19 Juni 2023 berangkat dari Pendopo Garut Pukul 14.00 WIB
6. Kloter 69 Gelombang II tanggal 20 Juni 2023 berangkat dari Gedung Pendopo Garut Pukul 13.00 WIB. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network