Refleksi Hari Kartini: Bupati Nina Agustina Angkat Martabat Perempuan Indramayu Melalui Program Peri

Andri Yanto
Bupati Indramayu, Nina Agustina. (Foto: Istimewa)

Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Melalui salah satu program unggulan 'Perempuan Berdikari' (Pe-Ri), Nina Agustina telah memberikan kesempatan yang lebih besar bagi perempuan terutama eks purna pekerja migran Indonesia (Purna PMI) untuk mendapatkan pelatihan dan kewirausahaan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan mereka dalam berbagai bidang. 

Perempuan Berdikari merupakan sebuah program pemberdayaan ekonomi yang diberikan kepada perempuan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam bentuk pelatihan kewirausahaan, pendampingan, dan fasilitasi akses permodalan melalui perbankan.

Dengan program Pe-Ri ini, sejak tahun 2021 hingga 2023 tercatat sebanyak 2.070 perempuan purna PMI telah dilatih untuk upgrade skill menjadi perempuan yang berdaya sebagai upaya menjadi perempuan yang bermartabat.

Pemberdayaan ekonomi perempuan juga dilaksanakan melalui program Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Kegiatan pelatihan kelompok PEKKA yang dilaksanakan pada tahun 2023 lalu telah melatih sebanyak 260 orang perempuan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan Kemandirian Perempuan Kepala Keluarga (pencari nafkah), agar berdaya guna secara ekonomi dan sosial menjadi sebuah komunitas di lingkungannya. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network