Waspada Hoaks saat Pilkada 2024, AMSI Jabar Bekali Media Soal Kemampuan Cek Fakta

Dindin Ahmad S
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat menggelar training Cek Fakta dalam rangka melawan gangguan informasi dan hoaks menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsIndramayu.id - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat menggelar training (pelatihan) Cek Fakta dalam rangka melawan gangguan informasi dan hoaks menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pikiran Rakyat Jalan Asia Afrika nomor 77, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, digelar mulai tanggal 5-6 Oktober 2024. Training ini merupakan kerja sama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari perwakilan media anggota AMSI wilayah Jabar, dan perwakilan sejumlah media lainnya dari berbagai daerah mulai dari Cianjur, Bogor, Sukabumi, Bandung, Tasikmalaya, Garut, dan daerah lainnya.

Pelatihan yang dibuka langsung Wakil Ketua Umum AMSI, Upi Asmaradhana, bertujuan untuk memperkuat kemampuan media dan jurnalis dalam menangkal gangguan informasi yang berpotensi merusak jalannya proses pilkada seperti hoaks dan disinformasi.

Dalam sambutannya, Upi Asmaradhana mengatakan pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen AMSI dalam menjaga integritas informasi selama pilkada berlangsung. Dia juga menekankan pentingnya peran media dalam menyediakan informasi yang akurat dan kredibel kepada publik, terutama di tengah maraknya penyebaran berita yang dapat memecah belah masyarakat.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network