get app
inews
Aa Read Next : LBSI Indramayu Ukir Prestasi Pada Lomba KAMU AKU KITA INDONESIA 2022

Penampilan Lembaga Seni dan Budaya Indramayu Kejutkan Dewan Juri KAMU AKU KITA INDONESIA 2022

Jum'at, 01 Juli 2022 | 19:15 WIB
header img
Persembahan “Nusantara Maha Cipta Pertiwi” yang dibawakan oleh Lembaga Seni dan Budaya Indramayu pada Malam Puncak KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf RI, Kamis (30/6/2022) malam. (istimewa)

Jakarta, iNewsIndramayu.id

Lomba KARYA MUSIK ANAK KOMUNITAS (KAMU AKU) KITA INDONESIA Tahun 2022, yang dimotori Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, dalam rangkaian merayakan Hari Musik Nasional  9 Maret 2022, penampilan Lembaga Seni dan Budaya Indramayu (LBSI) perwakilan dari Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengejutkan dewan juri dan Menparekraf RI.

Pada Malam Puncak KAMU AKU KITA INDONESIA Tahun 2022, di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Kamis (30/6/2022) malam, LBSI masuk finalis lima besar dan di finis di urutan keempat atau juara Harapan 1.

Berdasarkan rilis dari Diskominfo Kabupaten Indramayu, lomba KAMU AKU KITA INDONESIA 2022  diikuti 700 lebih komunitas dari seluruh nusantara. Pada lomba tersebut, juara 1 diraih Luar Kotak Production, Bali, ke-2, Polelea Sigi dari Sulawesi Tengah, ke-3, Blager dari Papua, ke-4, Lembaga Budaya dan Seni dari Indramayu dan ke-5, Trio AFI dari Palembang.

Pada lomba KAMU AKU KITA INDONESIA Tahun 2022, LBSI membawakan  “Nusantara Maha Cipta Pertiwi” karya  Syayidin. LBSI beranggotakan Edi Supriyadi (Ketua LBSI dan Pemusik Gamelan Pentatoni), Syayidin (Komposer, Percusion Pentatonis dan Pencipta Lagu), Umar Syarif (Aranger Piano IDM), Wata (Flute Tradisional), Agung Suprayogi (Koordinator Musik) dan Arin DA (Vokalis) dan Sinden Dwiki CJ.

Dalam penampilan tersebut, selain membawakan seni musik dan tari, LBSI kian mengejutkan  karena mempersembahkan  proses melukis pada kanvas yang didedikasikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA.

LBSI hadir sebagai destinasi mengayomi pertumbuhan seni dan budaya, bersinergi dengan program Kemenparekraf RI untuk Kabupaten Indramayu dan Jawa Barat. Nusantara Maha Cipta Pertiwi adalah karya sebagai apresiasi yang menterjemahkan KAMU AKU KITA Indonesia pada titik nilai kebangsaan.

Dalam sambutanya Menparekraf RI Sandiaga Uno mengatakan, perhelatan KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 ini sebagai bentuk apresiasi keberagaman budaya bangsa kita, bahwa musik nusantara Indonesia sebagai wadah bagi komunitas musik di seluruh negeri untuk menampilkan karya-karya kreatif.

“KAMU AKU KITA INDONESIA 2022 menjadi wadah komunitas musik di penjuru negeri dan menjadi apresiasi untuk mereka, sehingga malam ini kita sudah menyaksikan bersama-sama 5 karya komunitas anak unggulan yang membuat juri dan saya terkesima. Tahun ini penampilannya sangat berkualitas, menarik dan semoga finalis yang sekarang bisa menapak karir yang lebih baik lagi kedepannya,” katanya.

Sementara itu juri KAMU AKU KITA INDONESIA 2022, Ivan Nestroman mengharapkan, para peserta yang berhasil meraih juara bisa ditularkan kepada juniornya untuk bisa tampil kembali dan bagi yang belum lolos dapat terus berkarya demi musik nusantara.

“Dengan adanya acara tersebut, akan membangkitkan harapan untuk merevitalisasi motif-motif yang ada di nusantara melalui festival ini dan akan mendapatkan hasil yang terbaik yang diharapkan dapat diwariskan pada generasi mendatang di Indonesia,” harapnya (safaro)

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut