get app
inews
Aa Read Next : Daftar Artis Mualaf yang Dibimbing Gus Miftah, Nomor 3 Deddy Corbuzier

Kapan Hari Haram Berpuasa di Bulan Dzulhijjah? Berikut Penjelasannya

Minggu, 03 Juli 2022 | 12:29 WIB
header img
Ilustrasi hari haram berpuasa. Foto: istimewa

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha, ada beberapa ibadah yang sangat dianjurkan umat Muslim. Selain menunaikan ibadah haji ada juga ibadah yang sangat dianjurkan, salah satunya ibadah puasa

Pada bulan tersebut hari yang dianjurkan untuk berpuasa ialah mulai tanggal 1 sampai dengan 7 di bulan Dzulhijjah. Selain tanggal tersebut, ada dua hari lagi yang dianjurkan yakni tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah, atau biasa disebut puasa tarwiyah dan arafah.

Namun, hari haram berpuasa di Bulan Dzulhijjah. Puasa yang diharamkan tersebut jatuh pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau biasa disebut hari tasyrik. Umat Islam di waktu tersebut diharamkan untuk berpuasa karena pada hari tersebut masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha. 

Namun, ada sebagian ulama yang menyebutkan jika berpuasa di hari tasyrik hukumnya ialah makruh, bukan haram.

Selama hari tasyrik, umat Muslim juga masih dibolehkan untuk melakukan penyembelihan kurban. Oleh karena itu, hari tersebut diharamkan juga untuk puasa. 

Hal ini diterangkan dalam salah satu hadis berikut 

عَنْ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الإِسْلاَمِ وَهِىَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ  رواه أبو داود

“Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir, bahwa Rasulullah Saw bersabda: hari Arafah (9 Dzulhijjah), hari IdulAdha (10 Dzulhijjah) dan hari-hari Tasyrik merupakan hari raya kita umat Islam. Hari-hari tersebut merupakan hari makan dan minum.” (HR. Abu Daud).

Seperti dikutip dari Madani terkait hadits tersebut, menyebutkan bahwa mayoritas madzhab fiqh bersepakat dengan keharaman berpuasa pada hari tasyrik. Hanya madzhab Hanafi saja yang melabeli hukum tersebut makruh, bukan haram. 

Hikmah dari larangan puasa di bulan Dzulhijjah yaitu agar dapat menikmati hasil kurban. Sebagaimana dilansir dari sebuah hadits berikut ini, "Sesungguhnya Rasulullah saw. melarang berpuasa pada kedua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Mengenai Hari Raya Idul Fitri, karena ia merupakan saat berbuka dari puasamu (Ramadhan), sedangkan mengenai Hari Raya Idul Adha, agar kamu dapat memakan hasil kurbanmu." 

Dengan demikian, setelah hari tasyrik, umat Muslim bisa menjalankan ibadah puasa seperti biasa.

Itulah informasi seputar hari haram berpuasa di Bulan Dzulhijjah lengkap dengan penjelasannya.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut