get app
inews
Aa Read Next : Dukcapil Mlayu, Cara Bupati Nina Agustina Maksimalkan Cakupan Adminduk di Wilayah Indramayu

Tebar 1 juta Benih Ikan di Sungai Cimanuk Lama, Ini Pesan Bupati Indramayu

Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:21 WIB
header img
Bupati Indramayu Nina Agustina mengajak para siswa agar gemar makan ikan. Makan ikan bisa menyehatkan tubuh dan menambah kecerdasan. (saprorudin)

iNewsIndramayu.id

Bupati Indramayu, Nina Agustina menebar benih ikan di diperairan umum (restocking) salasatunya Sungai Cimanuk Lama, Jumat (29/7/2022). Restocking tersebar di 25 titik di 31 kecamatan dan muaranya mendukung pencanangan gemar makan ikan menuju Indramayu Bermartabat. 

Penebaran benih ikan di aliran sungai yang membentang di perkotaan Indramayu yang dimotori Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) kabupaten setempat ini kian menguatkan fungsi Sungai Cimanuk Lama sebagai akuatik (aktifitas air). Di sungai tersebut selain dimanfaatkan untuk sarana wisata keluarga juga sektor perikanan. 

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan penebaran 1 juta benih ikan di Sungai Cimanuk Lama merupakan rangkaian restoking di 25 titik yang tersebar di 31 kecamatan.  

Tujuan penebaran benih ikan di peraiaran umum itu kata dia diantaranya untuk meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan, dan meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan melimpahnya stok ikan di peraiaran umum diharapkan program gerakan memasyarakatkan  gemar makan ikan terealisasi secara menyeluruh karena ikan mudah di dapat dan harapan lainnya percepatan penurunan angka stunting menuju zero stunting bisa segera terwujud,” ucap Nina disela-sela penebaran 1 juta benih ikan.

Menurutnya, meski Kota Mangga sebagai penghasil ikan yang besar namun pemanfaataan peraiaran umum juga diperlukan. Penebaran itu menjaga populasi ikan agar habitatnya terus berkembang biak untuk kebutuhan masyarakat. 

“Tersedianya stok ikan di peraiaran umum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat   melalui peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja tambahan dari usaha sektor perikanan tangkap,” ungkapnya.

Dikatakan untuk mewujudkan segala capaian tersebut, tentunya dibutuhkan SDM yang berkuailitas, profesional dan mengerti akan tugas pokok dan fungsinya.  Oleh sebab itu, pihaknya mengajak jajaran Diskanla agar bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Mari kita majukan sektor perikanan di Indramayu dan jadilah agen-agen yang mampu menginformasikan hal-hal positif tentang perikanan kepada masyarakat,” ajaknya. (safaro)

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut