get app
inews
Aa Read Next : Dukcapil Mlayu, Cara Bupati Nina Agustina Maksimalkan Cakupan Adminduk di Wilayah Indramayu

Unjungan Mbah Buyut Baridem Meriah, Bupati Indramayu Kirim Tumpeng

Senin, 29 Agustus 2022 | 18:53 WIB
header img
Camat Sindang, Suyitno dan unsur Forkopimcam serta Kuwu Desa Rambatan Wetan menghadiri unjungan Mbah Buyut Baridem. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Warga Blok Barat  Desa Rambatan Wetan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu menggelar unjungan di maqom Mbah Buyut Baridem, Senin (29/8/2022). Untuk memeriahkan unjungan itu warga secara sukarela membawa tumpeng atau panjang (tumpeng hias) ke lokasi unjungan. 

Acara kian semarak ketika Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina melalui Camat Sindang mengirimkan tumpeng ke unjungan tersebut. Dan sebagai penghormatan atas kirman tumpeng itu, panitia melalui Kuwu Desa Rambatan Wetan mengantarkan panjang ke pendopo Bupati.

Camat Sindang,  Suyitno, S,STP, MM mengatakan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina memberikan tumpeng ke unjungan di Desa Rambatan Wetan. Kiriman tumpeng itu kata dia sebagai bentuk keikutsertaan Bupati dalam melestarikan tradisi adat desa yang dilakukan warga Rambatan Wetan.

Suyitno juga menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Nina Agustina tidak bisa hadir karena ada kesibukan lain yang tak bisa ditunda. 

Menurutnya, unjungan di maqom Mbah Buyut Baridem di Desa Rambatan Wetan merupakan salasatu bentuk warga melestarikan tradisi/adat istiadat yang telah diwariskan oleh nenek moyangnya. Selain itu kata dia, unjungan juga sebagai sarana membangun tali silaturahmi antar warga karena  pada saat unjungan itu warga Blok Barat Desa Rambatan  Wetan bisa berkumpul.

“Warga Blok Barat Desa Rambatan Wetan berkumpul di lokasi unjungan. Mereka mengelar doa bersama,” kata Suyitno.

Camat juga berpesan agar warga tetap menerapkan protocol kesehatan karena pandemic COVID-19 belum berakhir. “Tetap jaga kesehatan dan unjungan berjalan lancar,” pesan dia.

Sementara itu Kuwu Desa Rambatan Wetan, Hj. Tumiah mengucapkan terima kasih kepada panitia unjungan Mbah Buyut Baridem yang telah menggagas terselenggaranya acara unjungan. Mereka kata dia secara swadaya berupaya melestarikan tradisi desa yakni unjungan di maqom Mbah Buyut Baridem.

“Warga masih berupaya menjungjung budaya dan adat desa,” kata Tumiah.

Ketua Panita Unjungan Mbah Buyut Baridem, Saman menambahkan untuk memeriahkan acara unjung-unjungan tersebut, warga selain mengundang kesenian tradisional khas kota mangga seni sandiwara juga mengundang tiga grup sisingaan dan satu drumband.

Sisingaan dan drumband kata dia  diarak dari satu titik ke titik lainnya hingga bersama-sama ke lokasi unjungan sembari membawa tumpeng/panjang. Sementara untuk memeriahkan di lokasi unjungan  pihaknya mengundang kesenian khas Indramayu yakni seni sandiwara. (safaro)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut