get app
inews
Aa Read Next : Dukung Ganjar-Mahfud, Ahok Mantap Mundur dari Jabatan Komisaris Utama Pertamina

Identitas Bjorka Terungkap? Ini Rekam Jejak Hacker yang Membuat Heboh Indonesia

Rabu, 14 September 2022 | 16:52 WIB
header img
Istana Bantah Ada Kebocoran Data Presiden Jokowi oleh Hacker 'Bjorka' . (Foto: MNC Media)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu - Nama Bjorka belakangan ini marak dibicarakan oleh warganet. Bahkan, pemerintah pun menaruh perhatian khusus pada hacker yang berhasil membuat heboh Indonesia ini.

Berawal dari aksinya Bjorka berhasil membocorkan berbagai data di Indonesia yang mencakup nama lengkap, email, hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ia berhasil meng-hack data pelanggan Tokopedia, IndiHome, hingga pengguna sosial media Wattpad. Aksinya ini mulai meresahkan pemerintah Indonesia.

Tidak sampai di situ, pada tanggal 31 Agustus 2022 Bjorka mengunggah 1,3 miliar data registrasi SIM card yang ia klaim berasal dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Isinya adalah NIK, nomor telepon, provider-nya, hingga tanggal registrasi.

Berikut ini adalah rekam jejak pembobolan data yang dilakukan oleh Bjorka:

1. Meretas dan membocorkan 1,3 miliar data nomor SIM masyarakat Indonesia.

2. Membocorkan 150 juta data penduduk yang terdaftar di KPU.

3. Menyebarkan informasi data pribadi Menteri Kominfo, Johnny G. 

4. Meretas dan menyebarkan dokumen surat menyurat Presiden Indonesia.

Tidak hanya soal pembobolan data, Bjorka pun membuat kaget warganet dengan pengungkapan kasus kematian Munir yang diklaim didapat dari data Presiden Indonesia.

Hal tersebut mendorong pemerintah Indonesia yaitu Presiden Jokowi membentuk tim khusus untuk mengatasi serangan siber yang telah dilakukan oleh Bjorka. Tim khusus tersebut gabungan dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN.

Menkopolhukan Mahfud MD, menyatakan bahwa pemerintah serius dan sudah mulai menangani persoalan ini. Bahkan, identitas Bjorka pun disebut sudah mulai diketahui, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

“Kita akan serius menangani dan sudah mulai menangani masalah ini. Kita terus menyelidiki karena gambaran-gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri," ujar Mahfud MD, pada 14 September 2022.

Meskipun identitas Bjorka sudah dikantongi oleh tim khusus namun informasi detailnya tidak akan dirilis ke publik.

"Memang belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mana. Kita sudah punya alat melacak itu semua," sambung Mahfud MD.

Selain itu, Mahfud pun menyebut bahwa data yang diretas oleh Bjorka adalah data yang bersifat umum bukan rahasia. Ia pun meyakini bahwa Bjorka tidak sungguh-sungguh ahli dalam membobol data melainkan hanya memberi peringatan untuk berhati-hati.

“Hasil dari kesimpulan kami, Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh. Dia hanya hendak memberi tahu kepada kita untuk hati-hati, data kita akan bisa dibobol, dan sebagainya,” terang Mahfud.

Kendati demikian, Bjorka sempat membuat heboh dengan cuitannya yang menyatakan pendapatnya tentang pemerintahan Indonesia yang buruk dan negara tidak akan maju selama tidak dipimpin oleh orang yang tepat.

"This is a new era to demonstrate differently. nothing would change if fools were still given enormous power. the supreme leader in technology should be assigned to someone who understands, not a politician and not someone from the armed forces. because they are just stupid people," kicau Bjorka.

(Ini adalah era baru untuk berdemo dengan cara berbeda. Tidak ada yang akan berubah jika orang bodoh masih diberi kekuatan yang sangat besar. Pemimpin tertinggi dalam teknologi harus ditugaskan kepada seseorang yang mengerti, bukan politisi dan bukan seseorang dari angkatan bersenjata. karena mereka hanyalah orang-orang bodoh, red).

Namun kini akun Twitter Bjorka @bjorkanisme, kini sudah di-suspend.

Apakah tim khusus bentukan pemerintah Indonesia akan berhasil mengungkap identitas Bjorka yang sesungguhnya?

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut