get app
inews
Aa Read Next : Family Road to Refinery, Upaya Kilang Balongan Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kerja Aman

Topang Kebutuhan BBM Nasional, Kilang Balongan Beroperasi Terapkan Sistem ESG

Selasa, 31 Oktober 2023 | 10:26 WIB
header img
Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu, Jawa Barat, siap menopang kebutuhan BBM nasional. (Foto: Ist)

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Didik Bahagia, memastikan kilang- kilang Pertamina untuk beroperasi maksimal demi menopang kebutuhan BBM Nasional. Hal ini dikatakan Didik pada event Pertamina Goes to Campus yang dilaksanakan di Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), Senin (30/10/2023).
Dalam kesempatan tersebut, Didik Bahagia memaparkan, bahwa PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) merupakan subholding Refining and Petrochemical Pertamina yang bertugas memproduksi BBM untuk masyarakat Indonesia. Saat ini PT KPI tengah serius mengerjakan beberapa proyek pengembangan kilang atau Refinery Development Master Plan (RDMP), guna menaikkan kapasitas pengolahan
kilang-kilang Pertamina agar  menciptakan kemandirian energi dalam negeri dan mengurangi impor BBM.
"Jadi dari beberapa proyek pengembangan kilang, yang telah diselesaikan adalah RDMP Kilang Balongan Phase 1 dan telah menaikkan kapasitas Kilang Balongan dari 125 ribu barel per hari menjadi 150 ribu barel per hari. Kemudian untuk Proyek Petrokimia Jabar dalam progres pencarian partner downstream baru," ungkapnya.
Sementara untuk RDMP yakni di Kilang Pertamina Balikpapan, lanjutnya, juga ditargetkan akan selesai pada tahun 2024 dan mengurangi impor BBM sebesar 35 persen. Namun demikian, kilang-kilang Pertamina telah menerapkan prinsip  ESG (Environmental, Social, and Governance) dalam proses bisnisnya sehingga tetap memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.
"ESG rating PT KPI Tahun 2023 adalah 24,2 dengan skema Public Rating yang dinilai oleh lembaga independen Sustainalytic," sebutnya.
Selain itu, Ia menyebut, telah diprogramkan pula di tahun 2050 proses bisnis Pertamina zero emision dengan penggunaan energi terbarukan, menciptakan  suasana kerja yang harmonis, dan memberikan produk ramah lingkungan bagi negara.
Sementara Rektor ITPB,  Dr Ir Hj Hanifah Handayani menerangkan, bahwa kegiatan Pertamina Goes to Campus ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan perguruan tinggi untuk menjalin kolaborasi. Sekarang ini pemerintah sedang mengadakan merdeka belajar, di mana mahasiswa mendapat pelajaran langsung dari perusahaan dan Pertamina ingin membagi ilmu yang sangat bermanfaat.
"Kami harap banyak ilmu yang didapat dari mahasiswa, dan kelak bisa menjadi bagian dari pekerja Pertamina," harapnya.
Acara yang diadakan dalam rangka menyambut HUT Pertamina (Persero) dan HUT PT KPI turut dihadiri General Manager RU VI Balongan  Sugeng Firmanto, Area Manager Communication Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli, dan Pjs GM Project Balongan Muhamad Ramdhan.
Termasuk peserta sekitar 300 Mahasiswa dari Kampus ITBP, Universitas Wiralodra, dan Kampus Politeknik Negeri Indramayu (Polindra).
Pada kesempatan itu, Pertamina RU VI Balongan memberikan bantuan dana operasional untuk 3 kampus dengan nominal masing-masing sebesar Rp 10 juta di antaranya kampus ITPB, Universitas Wiralodra, dan Polindra.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut