get app
inews
Aa Read Next : Tali Asih Komandan Seskoad, Berikan Bantuan Sosial untuk Renovasi Masjid di Garut

Mantan Sopir Truk dan Tukang Cukur Ini Dapat Mobil Grandprize Super AgenBRILink 2023

Sabtu, 18 November 2023 | 07:55 WIB
header img
Pemilik toko sembako sekaligus Agen BRILink di Kecamatan Banyuresmi, Syaiful Rohman (43) (kaus putih), berpose di atas mobil Hyundai Creta Trend IVT, grandprize Program Super AgenBRILink 2023, yang ia dapatkan, Jumat (17/11/2023).

GARUT, iNewsIndramayu.id - Syaiful Rohman (43), pemilik toko sekaligus AgenBRILink di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, terpilih sebagai penerima grandprize program Super AgenBRILink 2023. Ia memenangi program yang secara khusus berlaku bagi belasan ribu AgenBRILink seluruh Indonesia.

Bukan tanpa alasan Syaiful dinobatkan sebagai pemenang program Super AgenBRILink. Pria yang memulai usaha toko dan agen sejak 2014 silam itu terpilih sebagai penerima grandprize karena dinilai sebagai AgenBRILink loyal dengan nilai transaksi terbesar.

Syaiful Rohman pun tak malu menceritakan, bahwa pada awalnya dia sempat berprofesi sebagai tukang cukur dan sopir truk meski tak berlangsung lama. Kemudian ia beserta isteri memulai untuk membuka usaha toko sembako bersama keluarga besarnya.

"Di awal membuka usaha, saya dan isteri memberanikan diri untuk mengajukan pinjaman sebagai modal usaha toko sembako sebesar Rp100 juta. Alhamdulillah semua berkembang hingga kami memiliki banyak pelanggan yang merupakan masyarakat sekitar," kata Syaiful Rohman, usai menerima grandprize di Hotel Santika Garut, Jumat (17/11/2023).

Saat itu, kata Syaiful, dirinya belum mengenal dan paham mengenai AgenBRILink. Hingga pada akhirnya, para pelanggannya meminta agar toko milik Syaiful melayani transaksi melalui ATM.

"Sebagian besar pelanggan yang biasa berbelanja ke toko adalah keluarga dari para tukang cukur Banyuresmi yang bekerja di luar daerah, misalnya di Jakarta. Setiap minggu, mereka mentransferkan uang hasil bekerja menjadi tukang cukur ke keluarganya di Banyuresmi Garut. Mungkin agar lebih simpel saat berbelanja sembako, banyak dari pelanggan meminta agar toko saya melayani pembelian menggunakan kartu ATM," ungkapnya.

Permintaan itu, kemudian ia komunikasikan kepada pihak BRI untuk menyediakan mesin gesek kartu ATM untuk menunjang transaksi keuangan di tokonya. "Namun yang datang malah mesin BRILink, bukan mesin gesek ATM seperti yang diminta. Sejak saat itulah, tahun 2015 saya menjadi AgenBRILink," imbuhnya.

Ketika mulai menjadi AgenBRILink, usaha Syaiful semakin berkembang. Kali ini ia tidak hanya melayani pelanggan toko sembakonya saja, tetapi juga masyarakat yang memiliki keperluan transaksi keuangan seperti tarik tunai, transfer, pembayaran, dan lainnya.

"Terlebih usaha saya didukung oleh faktor lingkungan masyarakat sekitar, yang merupakan keluarga para tukang cukur tadi. Usaha AgenBRILink di tempat kami telah banyak membantu masyarakat sekitar dalam hal melakukan penarikan uang, sejumlah pembayaran dan lainnya tanpa harus pergi jauh-jauh ke ATM yang tersedia," ungkapnya.

Syaiful mengatakan dirinya memahami apa yang terjadi pada para pelanggannya sebagai keluarga tukang cukur, karena setidaknya dia pernah bergelut pada pekerjaan serupa.

Syaiful mengaku, dia sempat didatangi marketing atau pihak lain dari bank kompetitor, yang menawarinya untuk berpindah usaha. Namun dirinya dengan bijak telah menyatakan kesetiaannya untuk tetap menjadi AgenBRILink dengan sejumlah pertimbangan terbaik.

"Memang, ada banyak yang menawari keuntungan di tempat lain lebih besar. Meski di BRILink katakanlah hanya Rp1.000 atau Rp2.000 per transaksi, InsyaAllah lebih berkah. Apalagi, yang memberi modal pertama saya adalah BRI, selain itu BRI juga telah memberikan banyak hadiah kepada kami selama ini. Itulah alasan kenapa saya tetap loyal di BRI," katanya.

Syaiful tak menyebut angka pasti berapa keuntungan per bulan yang didapat dari usaha menjadi AgenBRILink. Namun ia berharap para AgenBRILink di seluruh Indonesia tetap setia dengan usaha yang sedang dijalani.

"Keuntungan dari AgenBRILink sekitar dua digit. Mengenai hadiah yang didapat kali ini, yaitu mobil, kunci utamanya adalah setia, tetap loyal. Semoga apa yang saya dapatkan bisa menginspirasi para AgenBRILink yang lain," ujarnya.

Pada 2023 ini, Syaiful setidaknya mendapatkan satu unit mobil Hyundai Creta Trend IVT sebagai grandprize Super AgenBRILink 2023. Mobil tersebut merupakan mobil keenam yang ia terima sebagai hadiah dari BRI.

"Sebelumnya saya mendapat hadiah yang sama di beberapa program lain. Sudah ada lima mobil, ini yang keenam, lalu pernah juga dapat tiga unit motor, serta logam mulia dari BRI," sebutnya.

Ia juga sempat berbagi cara agar sukses menjadi AgenBRILink dengan nilai transaksi terbesar. Salah satu dari sekian banyak cara yang ia sampaikan adalah selalu berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

"Saya membuat berbagai program menarik untuk pelanggan. Semakin besar transaksi yang dilakukan pelanggan, semakin besar hadiah yang pelanggan terima dari usaha kami. Dan alhamdulillah, responsnya sangat baik, pelanggan semakin bersemangat dalam bertransaksi di tempat kami. Hadiahnya macam-macam, seperti mendapat minyak goreng gratis atau lainnya, bergantung dari program yang kami tawarkan," ungkap Syaiful.

Dalam kesempatan yang sama, Division Head Bussines BRILink Windriyo Aribowo, menjelaskan jika program tersebut diberlakukan secara nasional. Program Super AgenBRILink, kata Ariwibowo, merupakan ajang yang khusus diberikan kepada para agen loyal.

Pada 2023 ini merupakan tahun ke-6 BRI memberikan apresiasi melalui Program Super AgenBRILink. Program tersebut diikuti oleh seluruh AgenBRILink yang mencapai lebih dari 17.500 agen di seluruh Indonesia.

"Ini program untuk memberikan apresiasi, bukan undian ya, tapi memberikan apresiasi pada agen yang terus meningkat transaksinya. Dan tentunya loyal kepada BRI. Ada beberapa memang agen yang bagus, tapi ternyata nggak loyal, itu tidak dapat, tidak menang," jelas Ariwibowo.

Ia berharap Program Super AgenBRILink ini dapat memacu semangat para agen BRI di seluruh Indonesia untuk tetap loyal dan selalu meningkatkan nilai transaksi. Ariwibowo juga meminta agar para AgenBRILink dapat melayani masyarakat lebih luas, karena ke depan usaha yang dilakukan tidak berpatokan pada transaksi keuangan perbankan saja.

"Dengan digitalisasi tentunya akan berimpak pada agen-agen kita, maka kita ke depan akan terus berinovasi untuk bagaimana AgenBRILink bisa melayani masyarakat lebih luas lagi. Dan tentunya tidak hanya bisnis -bisnis transaksi perbankan saja, tapi ada bisnis -bisnis yang lain. Dan ke depannya kita akan masuk ke dalam e-commerce. Jadi nanti AgenBRILink bisa mendapat pendapatan lebih banyak lagi dengan join e-commerce," paparnya. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut