get app
inews
Aa Read Next : Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi, Ini Jadwal Berlakunya

Antisipasi Panic Buying, Polres Majalengka Lakukan Pengawasan Terhadap Penjualan Minyak Goreng

Sabtu, 29 Januari 2022 | 20:19 WIB
header img
Emak-emak serbu minimarket untuk dapat minyak goreng murah (Foto: TikTok)

MAJALENGKA - Kebijakan minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter yang dicanangkan pemerintah pusat. Polres Majalengka, Jawa Barat, kini telah melakukan pengawasan terhadap penjualan minyak goreng di daerahnya.

 

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi melalui Kasubsi Penmas Humas, Aiptu Riyana mengatakan, pengawasan itu dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya potensi panic buying atau memborong barang secara berlebihan dan juga penimbunan minyak goreng.

 

"Kami tidak ingin adanya aksi borong dan penimbunan barang pangan. Kami telah menginstruksikan seluruh jajaran Polsek untuk melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing," kata Riyana, Sabtu (29/1/2022).

 

Dia menjelaskan, upaya tersebut dilakukan guna mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah pusat agar berjalan dengan lancar. Sehingga, program tersebut tidak ada pihak-pihak yang bermain untuk kepentingan pribadi.

 

"Kami tidak ingin ada yang menjual minyak goreng tidak sesuai ketentuan yang berlaku, atau melakukan penimbunan. Oleh karena itu pengawasan ini demi memastikan minyak goreng yang dijual sesuai dengan ketentuan yang ada," jelas dia.

 

Dengan demikian, dia menghimbau, agar para pedagang tidak 'curang' dengan memanfaatkan momentum program tersebut. Sebab, pihaknya tidak segan-segan untuk mengambil langkah tegas jika pedagang melakukan penimbunan.

 

"Sesuai Pasal 107 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Jika ada temuan tindak pidana, terancam penjara hingga 5 tahun atau denda Rp 50 miliar. Selain itu, pelaku juga bisa dijerat dengan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen," tutur dia.

 

"Masyarakat juga dihimbau membeli minyak goreng sesuai kebutuhan saja jangan berlebihan," pungkasnya. ***

Editor : Erick Disy Darmawan

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut