get app
inews
Aa Read Next : Maaf Bobotoh, Persib Bandung Harus Akui Ketangguhan Persita Tangerang

Profil Frets Butuan yang Berat Hati Tinggalkan Persib Bandung

Selasa, 28 November 2023 | 19:50 WIB
header img
Frets Butuan saat membela Persib Bandung. (Ist/@fretsbutuan21)

BANDUNG, iNewsIndramayu.id - Persib Bandung resmi melepas Frets Butuan per Selasa (28/11/2023). Informasi mengenai hengkangnya winger kiri Persib Bandung tersebut disampaikan official klub, usai tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu mengumumkan datangnya dua pemain anyar di deadline bursa transfer Liga 1 Indonesia, Kevin Ray Mendoza dan Setfano Beltrame. 

Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono, mengatakan kepergian pemain dengan tinggi 1,67 meter dari Maung Bandung karena keinginan sendiri. Pemain bernama lengkap Frets Listanto Butuan itu mengundurkan diri dari Persib berkaitan dengan penugasan barunya ke Kodam XVI/Patimura sejak pertengahan November 2023.

"Karena pemindahtugasan tersebut, Frets mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PERSIB. Karena masih ingin melanjutkan karier sepakbolanya, Frets mencari klub di tempat dia bertugas," kata Teddy Tjahjono, sebagaimana dikutip dari laman Persib Bandung. 


Kenangan Frets Butuan bersama Persib Bandung. (Ist/@fretsbutuan21)

Pemindahan tugas tersebut membuat Frets Butuan absen dalam laga Persib kontra Dewa United, Minggu (26/11/2023) kemarin, dan sudah tidak mengikuti beberapa sesi latihan. Frets Butuan terakhir kali tampil bersama Persib adalah ketika skuat Pangeran Biru menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 11 November 2023.


Kenangan Frets Butuan saat bersama Persib Bandung. (Ist/@fretsbutuan21)

Frets Butuan resmi bergabung bersama Persib sejak Kompetisi Liga 1 tahun 2019. Secara keseluruhan, mantan pemain PSMS Medan itu membela Persib selama lima musim, dengan catatan 90 kali pertandingan dan menyumbang 11 gol. 

"Hatur nuhun, Frets," ucap Teddy Tjahjono. 

Unggah Salam Perpisahan

Dalam kesempatan berbeda, Frets Butuan menyampaikan beberapa kalimat perpisahan. Melalui akun media sosial Instagram @fretsbutuan21, dia mengungkapkan rasa terima kasih mendalam kepada Persib dan bobotoh

"Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Keputusan yang sangat berat, tapi hidup tetap berlanjut," tulis Frets Butuan mengawali postingan terbarunya. 

Kemudian ia kembali menulis, "ini waktunya saya mengucapkan salam perpisahan sampai jumpa lagi untuk keluarga besar Persib. Bersama Persib saya menjalani lima musim yang mengesankan."

Pemain kelahiran Ternate itu juga menceritakan jika ia memiliki banyak kenangan selama merumput bersama Persib Bandung. Tak lupa, Frets Butuan juga mengaku mendapatkan banyak cinta ketika membela Persib. 


Frets Butuan menyapa bobotoh Persib Bandung. (Ist/@fretsbutuan21)

"Banyak cerita di Bandung. Saya jadi punya banyak kawan, teman, sahabat juga keluarga. Di kota ini saya banyak menerima cinta dan kasih yang luar biasa. Terima kasih untuk semua kebaikan dan kebersamaannya. Hatur Nuhun untuk jajaran manajemen, tim pelatih, official, temen-temen pemain dan Bobotoh, @persib," ungkapnya. 


Kenangan Frets Butuan bersama Persib. (Ist/@fretsbutuan21)

Profil Singkat Frets Butuan

Menarik untuk diulas, pemain berusia 27 tahun ini merupakan seorang anggota TNI dengan pangkat Prajurit Satu. Frets Butuan mengawali karir sepak bola di klub PS TNI.

Pada musim 2016/2017, Frets Butuan bergabung bersama PSMS Medan. Frets Butuan sendiri melanjutkan karir sepak bola dengan membela Persib pada 13 Januari 2019.

Transfermarkt menyebut harga pasaran untuk Frets Butuan saat ini adalah Rp3,04 miliar. Saat masih bersama Persib Bandung, Frets Butuan sempat memiliki nilai pasar tertinggi, yaitu Rp4,78 miliar, pada 17 Juni 2021 lalu. 

Selama karir profesionalnya sebagai pesepakbola, Frets Butuan telah memproduksi sebanyak 17 gol, yang terdiri dari 11 gol ketika bersama Persib dan 6 gol lainnya ketika masih membela PSMS Medan. Selama itu pula, dia telah memberikan assist sebanyak 18 kali, yakni 10 kali ketika bermain untuk Persib Bandung dan 8 kali saat bersama PSMS Medan. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut