get app
inews
Aa Read Next : Perketat Pengawasan saat Kampanye Terbuka, Ini yang Dilakukan Panwascam Ciledug

Hari Disabilitas Internasional, Bupati Indramayu Beri Alat Bantu hingga Kursi Roda

Selasa, 12 Desember 2023 | 20:49 WIB
header img
Bupati Hj Nina Agustina menyerahkan bantuan kursi roda saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Universitas Wiralodra Indramayu, Jabar. (Foto: Ist)

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id – Pemkab Indramayu melalui Dinas Sosial menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 di Universitas Wiralodra Indramayu, Selasa (12/12). Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian, komitmen, serta dukungan yang dilakukan pemerintah daerah kepada para penyandang disabilitas.

Acara dibuka langsung Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina didampingi Pj Sekda Indramayu, Aep Surahman dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jajang Sudrajat. Peringatan berlangsung meriah dengan diisi beragam penampilan kolaborasi dari sekolah-sekolah luar biasa di Indramayu, dan seluruh kelompok penyandang disabilitas se Kabupaten Indramayu.

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Indramayu, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Indramayu, NPCI Kabupaten Indramayu, Kepala SKPD, Camat, serta tamu undangan lain.

Saat sambutan, Bupati Nina menyampaikan, penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang mempunyai kedudukan, hak, kewajiban, serta peran yang sama dengan masyarakat lainnya dalam kehidupan dan penghidupannya, termasuk keterlibatan dalam pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, sejalan dengan tema hari disabilitas yakni Bersatu dalam Aksi untuk Menyelamatkan dan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk dengan dan oleh Penyandang Disabilitas.

Bupati Nina berharap, penyandang disabilitas di Kabupaten Indramayu dapat saling menguatkan dan bersatu dalam mencapai tujuan tersebut. “Saya mengucapkan selamat memperingati hari disabilitas internasional, semoga dengan peringatan hari disabilitas internasional ini dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saudara-saudara sekalian,” ucapnya.

Disampaikan Bupati Nina, selama kurun waktu 2021-2023, Pemkab Indramayu telah mengalokasikan anggaran dalam APBD untuk memenuhi kebutuhan dan hak penyandang disabilitas seperti pemberian hadiah/bonus bagi penyandang disabilitas yang berprestasi dalam bidang olahraga, pemberian alat bantu disabilitas serta bantuan dan kegiatan sosial lainnya.

Melalui momen Hari Disabilitas Internasional tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2023, diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kemandirian para penyandang disabilitas dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Indramayu.

“Semoga ini menjadi motivasi untuk kita dapat bersama memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan di daerah kita tercinta ini,” ujarnya.

Usai, membuka acara Peringatan Hari Disabilitas, Bupati Nina juga secara simbolis menyerahkan alat bantu disabilitas bagi para penyandang disabilitas berupa alat bantu dengar dan alat bantu berjalan seperti kruk dan kursi roda sehingga dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih SE Ak mengatakan Pemkab Indramayu memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas dalam berbagai hal.

"Bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas dilakukan secara bergantian di sejumlah wilayah di Indramayu," kata dia.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut