get app
inews
Aa Read Next : Tali Asih Komandan Seskoad, Berikan Bantuan Sosial untuk Renovasi Masjid di Garut

Shopee Pay Later Telat Bayar? Inilah 5 Konsekuensi yang Akan Kita Hadapi

Minggu, 17 Desember 2023 | 19:19 WIB
header img
Inilah 5 konsekuensi jika kita telat bayar tagihan Shopee Pay Later (Foto: IDX Channel)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id Shopee Pay Later atau SPayLater tak memungkiri adalah fitur yang sangat menguntungkan bagi kita-kita yang pengguna/pelanggan Shopee.

Pasalnya, fitur ini memungkinkan kita untuk bisa membeli dan mendapatkan barang yang kita inginkan sekarang juga, namun membayarnya belakangan.

Dan untungnya apabila kita nantinya masih tidak mampu untuk membayar full kontan, kita bisa menyicil pembayarannya.

Periode cicilan atau angsurannya pun bervariasi tergantung dari jenis produk serta kebijakan pengangsurannya. Ada yang 1, 3, 6, dan bahkan 12 bulan.

Konsekuensi Jika Telat Bayar Shopee Pay Later


Ilustrasi pengguna Shopee yang telat bayar tagihan Shopee Pay Later (Foto: Suara.com)

 

Namun terlepas sudah diberikannya kebijakan tersebut, tetap terdapat beberapa dari kita yang masih suka telat dalam membayar angsurannya.

Padahal apabila keterlambatan tersebut sampai terjadi, Shopee akan memberikan kita konsekuensi yang tidak hanya merugikan, namun juga menyeramkan.

Dan berikut adalah 5 konsekuensi apabila kita telat membayar tagihan cicilan Shopee Pay Later.

1. Denda 5%

Konsekuensi pertama yang akan kita hadapi jika telat bayar Shopee Pay Later adalah tagihan SPayLater akan dikenakan denda sebesar 5%

Jadi apabila angsuran per bulannya: Rp. 250.000. Maka jika kita mengalami keterlambatan, tagihan yang akan dibayarkan di bulan depannya lagi adalah: Rp. 250.000 + 5% dari Rp. 250.000.

Sehingga dengan kata lain: Rp. 250.000 + Rp. 262.500 = Rp. 512.500.

Apabila telatnya hanya satu bulan, maka total pembayaran tersebut mungkin tidak terasa sama sekali.

Namun apabila keterlambatannya lebih dari 1 bulan alias menunggak, maka total pembayarannya nanti akan jauh lebih mahal dan kian terasa berat saja.

2. Pembatasan Voucher Shopee

Seperti kita ketahui, Shopee setiap minggu dan bulannya, kerap memberikan kita beberapa voucher.

Yang mana, online voucher ini tentunya akan memberikan kita sedikit keuntungan dengan potongan harganya.

Akan tetapi kenikmatan fitur ini akan dibatasi akses dan pengaktifannya jika kita mengalami keterlembatan dalam membayar cicilan SPayLater-nya.

3. Akun Shopee Diblokir

Ya, apabila tagihan Shopee Pay Later kita menunggak banyak dan belum dibayar-bayar juga, maka Shopee nantinya akan mmblokir akun Shopee milik kita.

Tentunya apabila sudah diblokir, kita tidak akan bisa lagi mengakses dan menikmati seluruh layanan Shopee-nya.

Lebih parahnya, tidak seperti halnya akun media sosial (Facebook, Twitter, IG) yang diblokir, kita tidak bisa membuat akun Shopee baru, terlepas menggunakan alamat e-mail, username, atau bahkan nomor kontak yang berbeda.

4. Terus Ditelepon

Omong-omong nomor kontak, selayaknya jika kita memiliki hutang yang belum terbayarkan, maka tentunya pihak yang dihutangi akan terus menghubungi kita untuk menagih hutangnya.

Nah hal yang sama juga akan terjadi dalam kasus yang kita bahas ini.

Alias, pihak Shopee akan konstan menghubungi kita melalui panggilan telepon, SMS, WhatsApp, atau E-Mail.

5. Debt Collector

Nah inilah konsekuensi yang kerap menjadi momok bagi kita-kita yang masih memiliki cicilan atau hutang menumpuk dari organisasi atau perusahaan keuangan legal (atau sejenisnya).

Tentunya jika sudah ditelepon, SMS, WA, E-Mail selama berbulan-bulan, namun masih belum membayar cicilan SPayLater-nya, maka langkah terakhir yang akan Shopee lakukan adalah dengan mengutus satu atau dua pegawai collection-nya.

Atau yang pada umumnya disebut dengan debt collector. Tentunya mereka akan langsung mendatangi kalau tidak tempat kerja atau rumah kita.

Dan sesampainya di lokasi, ia atau mereka akan langsung menagih hutang cicilan Shopee Pay Later yang masih menunggak itu.

Itulah tadi pembahasan 5 konsekuensi yang akan kita hadapi jika telat membayar cicilan atau tagihan Shopee Pay Later. Semoga pembahasannya bermanfaat.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut