get app
inews
Aa Read Next : Aktor Batman DCU Sudah Ditemukan?

10 Superhero DC Terpopuler Sepanjang Masa

Rabu, 27 Desember 2023 | 18:00 WIB
header img
Superhero DC (Foto: GeekTyrant)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – 10 Superhero DC terpopuler sepanjang masa versi kami.

Terlepas nama dan sosok superhero Marvel kini sangat populer (terima kasih dengan kesuksesan MCU), namun faktanya banyak juga nama dan sosok superhero DC yang juga sangat populer.

Terlebih faktanya, adalah DC yang lebih dulu eksis dan terkenal dibandingkan Marvel.

Nah berdasarkan fakta tersebut, berikut adalah 10 superhero DC yang kami anggap terpopuler sepanjang masa. Ingat, daftar ini bersifat opini atau SUBYEKTIF.

Superhero DC Terpopuler Sepanjang Masa

10. Supergirl


Melissa Benoist sebagai Supergirl (Foto: The Direct)

 

Superhero DC terpopuler sepanjang masa yang pertama adalah saudara sepupu wanita dari Superman ini.

Pertama kali diperkenalkan melalui komik Superman #123 yang dipublikasikan pada bulan Agustus 1958, sosoknya langsung mencuri perhatian. Terlebih terhadap pembaca komik wanita.

Kepopulerannya kian menjadi-jadi ketika kisah dan karakternya dibuatkan film live-action-nya, Supergirl (1984).

Akan tetapi tak memungkiri bahwa sosoknya baru benar-benar melegenda ketika stasiun televisi Amerika Serikat, CBS menampilkan adaptasi serial televisi Supergirl di bulan Oktober 2015.

Menampilkan aktris manis nan berbakat, Melissa Benoist (Glee) sebagai Supergirl-nya, seri ini di bulan Mei 2016 lantas berpindah stasiun ke CW Network, dan secara perlahan digabungkan ke dalam universe serial Arrow (2012-2020) alias Arrowverse.

9. Robin (Dick Grayson)


Robin versi Dick Grayson (Foto: The Hollywood Reporter)

 

Superhero DC terpopuler sepanjang masa selanjutnya adalah Robin yang versi orisinal, Dick Grayson.

Namun bukan karena faktor orisinal saja yang membuat nama dan sosoknya masuk ke dalam daftar ini.

Faktor lainnya juga dikarenakan semenjak adaptasi film live-action Batman eksis di tahun 1943, adalah Robin versi Grayson yang selalu ditampilkan di film atau seri live-action Batman/DC lainnya.

Bahkan musim pertama dari seri hit, Titans (2018-2023), bintang utama dari serinya adalah Robin versi Grayson yang diperankan oleh Brenton Thwaites (Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales).

8. Green Arrow


Stephen Amell sebagai Oliver Quinn alias Green Arrow (Foto: Heroic Hollywood)

 

Sama kasusnya dengan Supergirl, sosok pahlawan DC yang identik dengan warna hijau ini, menjadi sangat populer setelah ditayangkannya seri Arrow.

Yang kemudian secara perlahan seri tersebut dikonsepkan sebagai pembuka share universe karakter DC lainnya atau Arrowverse.

Apabila seluruh Arrowverse ini tidak eksis apalagi sukses, dijamin sekali kepopuleran pahlawan yang bernama asli Oliver Queen ini akan masih “begitu-begitu saja.”

7. Martian Manhunter


Martian Manhunter (Foto: CBR)

 

Superhero alien asal Mars ini memang di adaptasi film dan serial televisinya, masih lumayan jarang ditampilkan apalagi menjadi sosok superhero utama.

Akan tetapi di komik serta adapatsi seri dan film animasinya, suprhero bernama asli J’onn J’onzz ini sangatlah populer.

Selain dikarenakan tampilan fisik dan kostumnya yang khas, adalah kekuatan dan kelemahan khas yang dimilikinya yang membuat dirinya menjadi salah satu sosok superhero DC yang paling dikenal dan diingat fans hingga detik ini.

6. Green Lantern


Green Lantern (Foto: GamesRadar)

 

Oke mari kita kesampingkan dulu adaptasi film live-action tahun 2011-nya itu.

Bahkan aktornya, Ryan Reynolds (Deadpool) pun sudah sangat tidak peduli dengan film tersebut.

Marilah kita bahas poin ini dari sisi komik dan adaptasi seri dan film animasi DC.

Dan ya apabila kita membahasnya melalui kedua sudut pandang tersebut, maka tidaklah memungkiri kalau Green Lantern adalah salah satu soosk superhero DC yang sangat populer.

Mau itu versi Green Lantern orisinal alias Hal Jordan, John Stewart, Kyle Rayner, atau bahkan Guy Gardner, semuanya melekat di kalangan fans.

Semoga saja di proyek DC Universe (DCU) James Gunn (Peacemaker) mendatang, superhero yang pada esensinya Polisi Luar Angkasa ini, akhirnya akan meraih kepopuleran yang sama okenya seperti di versi komik dan versi film dan seri televisi animasinya.

5. Aquaman


Aquaman (Foto: Comic Book Treasury)

 

Jauh sebelum dua film Aquaman DCEU yang menampilkan Jason Momoa (Fast X) itu, faktanya superhero akuatik DC ini sudah terkenal sejak lama.

Hal ini dikarenakan konsep karakternya yang kala itu sangat unik dan revolusioner.

Atau lebih spesifiknya di sini, adalah ia adalah sosok superhero bawah air yang membuat banyak fans kala itu terkagum-kagum.

Bahkan ironisnya, ia menjadi sangat populer akibat ejekan-ejekan meremehkannya itu.

Tapi terlepas demikian, toh sekali lagi hal ini membuat nama dan sosoknya menjadi begitu populer hingga detik ini bukan?

4. The Flash


The Flash versi Barry Allen (Foto: WIRED)

 

Seperti Aquaman dan Green Lantern, The Flash sudah langsung populer semenjak debut di Flash Comics #1 yang dipublikasikan pada bulan Januari 1940.

Kepopuleran superhero tercepat ini kian menjadi ketika melalui komik Showcase #4 yang dipublikasikan pada bulan Oktober 1956, pembaca dikenalkan dengan sosok ke-2 di balik kostum superhero-nya, Barry Allen.

Barry yang menggantikan sosok The Flash orisinal, Jay Garrick, langsung mencuri hati seluruh pembaca.

Nah kepopuleran versi Barry inilah yang akhirnya kerap dijadikan dan ditampilkan di berbagai adaptasi film animasi, seri animasi, seri live-action, dan tentunya film live-action nya.

3. Wonder Woman


Wonder Woman (Foto: AIPT)

 

Tentunya kita sudah bisa langsung menerka mengapa sosok superhero wanita DC ini masuk ke dalam daftar ini.

Ya benar sekali. Wonder Woman adalah sosok superhero wanita yang sangat terkenal semenjak debutnya di All Star Comics #8 yang dipublikasikan di bulan Oktober 1941.

Walau saat itu sudah terdapat beberapa superhero wanita yang jauh lebih duluan debut, tetap saja ketika superhero asal Amazon ini muncul, sosoknya sukses menghajar rombongan superhero wanita itu.

Kepopuleran tersebut kian menjadi setelah daptasi serial live-action tahun 1975-1979 yang berjudul Wonder Woman dirilis dan sukses menjadi legenda kebudayaan pop hingga detik ini.

2. Batman


Batman (Foto: Comic Book Treasury)

 

Rasanya kita tidak perlu panjang lebar untuk poin si manusia kelelawar asal kota Gotham ini.

Pasalnya semenjak debutnya melalui Detective Comics #27 pada bulan Mei 1939, Batman langsung membuat jatuh cinta seluruh pembacanya.

Kepopulerannya kala itu kian bertambah dengan kesuksesan adaptasi seri live-action campy-nya, Batman yang ditayangkan dari bulan Januari 1966 hingga bulan Maret 1968.

Namun pasca seri tersebut, kepopulerannya sedikit menurun. Barulah ketika film live-action, Batman (1989) milik sutradara nyentrik Tim Burton (Beetlejuice) dirilis, kepopuleran Batman naik lagi.

Dan semenjak film itu, kepopuleran Batman kian “menggila” dengan banyak dan beragamnya adaptasi film dan seri live-action yang dibintangi dan mengisahkan Batman atau yang berkaitan dengannya.

1. Superman


Superman (Foto: Comic Basics)

 

Inilah superhero DC terpopuler sepanjang masa versi kami.

Betul, Batman sangatlah populer hingga detik ini. Akan tetapi apabila dibandingkan dengan rekan sekaligus rival-nya ini, maka kepopuleran Batsy masih kalah jauh.

Mengapa demikian? Ya mari kita lihat saja fakta di sekitar kita hingga detik ini.

Superman masih menjadi pakem/standar ketika kita sedang membandingkan atau membicarakan analogi dari sosok terkuat di dunia fiksi.

Sebagai contoh adalah pernyataan berikut: “Hah yang benar saja kamu bisa mengangkat karung beras 50 Kg itu seorang diri! Memangnya kamu Superman?”

Jadi dengan kata lain, tak peduli apakah individu tersebut adalah seorang fanboy DC, Superman, superhero, berasal dari Indonesia, Kuwait, Amerika Serikat, Inggris, atau negara mana pun itu, MUSTAHIL jika masih ada yang tidak tahu dengan nama dan sosok Superman.

Superman adalah epitom dari superhero fiksi hingga detik ini.

 

Itulah tadi 10 superhero DC terpopuler sepanjang masa versi kami. Dari le-10 pahlawan super DC ini, yang manakah yang anda idolakan?

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut