get app
inews
Aa Read Next : 5 Film Superhero Terbaik 2023

10 Film Terbaik 2023

Minggu, 31 Desember 2023 | 15:13 WIB
header img
Inilah film terbaik 2023 versi kami (Foto: InBetweenDrafts)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – 10 Film terbaik 2023 versi kami.

Industri perfilman khususnya di Hollywood, di tahun 2023 ini bisa dikatakan adalah tahun yang oke bagi seluruh industrinya.

Ya memang, pastinya terdapat beberapa rilisan film tahun ini yang mengecewakan apalagi buruk.

Namun di saat yang sama, jumlah film yang keren nan memuaskannya juga sama banyaknya. Malah bisa dikatakan jauh lebih banyak dari tahun 2022.

Akan tetapi dari sekian banyak film-film keren yang dirilis tersebut, berikut adalah film rilisan tahun ini yang kami anggap terbaik.

Honorabel Mention

Namun sebelum akhirnya kita memulai pembahasan, kami akan memberikan dulu 5 film yang masuk ke dalam honorable mention di daftar ini.

Barbie

Oppenheimer

The Flash

Blackberry

Air

Itulah tadi 5 film tahun 2023 yang masuk ke dalam honorable mention kami. Sekarang kita mulai saja pembahasan utamanya.

Film Terbaik 2023

10. Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem


Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem (Foto: Men's Health)

 

Film terbaik 2023 versi kami yang pertama adalah film animasi yang juga reboot dari franchise kisah kura-kura ninja.

Jujur ketika kami mengetahui adanya film ini, kami tidak memiliki ekspektasi apa-apa sama sekali.

Kami menganggap kalau filmnya akan menjadi film animasi kura-kura ninja pada umumnya.

Namun betapa terkejutnya kami ketika kami merasakan kebetahan yang amat sangat ketika menyaksikan filmnya.

Faktor utama mengapa Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem sangat mengagumkan adalah pengarahan keren dari sutradaranya, Jeff Rowe (The Mitchells vs. the Machines).

Mungkin kalau bukan Rowe yang menjadi sutradara dan penulis naskahnya, film ini akan berakhir biasa-biasa saja.

9. A Good Person


Florence Pugh sebagai Allison dan Morgan Freeman sebagai Daniel (Foto: A Good Movie to Watch)

 

Film terbaik 2023 versi kami selanjutnya adalah A Good Person. Film ini adalah film drama arahan sutradara Zach Braff (Wish I Was Here).

Filmnya dibintangi oleh Florence Pugh (Black Widow) dan Morgan Freeman (Batman Begins).

Dan seperti yang kami terka dari awal, A Good Person memang terbukti sebagai film yang sangat keren, reflektif, dan tentunya emosional.

Pugh di film ini benar-benar luar biasa dalam memerankan karakter utamanya yang sangat depresif, Allison. Performa kuat ini kian diperkuat dengan performa Freeman yang selalu melegenda itu.

Braff sendiri juga sangat jenius di belakang kamera filmnya. Yang alhasil setelah menonton filmnya, menjadi emosi campur aduk sendiri.

8. Tetris


Taron Egerton sebagai Henk Rogers (Foto: Caitlin on Digital)

 

Skeptis. Ya itulah kata sekaligus kesan pertama ketika mengetahui kalau film mengenai pembuatan game puzzle legendaris ini diproduksi dan akan dirilis di tahun 2023 ini.

Hal tersebut dikarenakan kami merasa kalau film biopik pembuatan Tetris akan biasa banget.

Akan tetapi betapa salahnya kami karena dari awal merasa demikian.

Ketika akhirnya menyaksikan filmnya, betapa terkejutnya kami denngan betapa rapih dan menyenangkannya film ini.

Aktor utamanya yang memerankan sosok yang bertanggung jawab atas populernya Tetris di seluruh dunia, Henk Rogers, Taron Egerton (Sing, Rocketman), kian membuat kami betah untuk menyaksikan filmnya hingga credit filmnya bergulir.

7. Guardians of the Galaxy Vol. 3


Guardians of the Galaxy Vol. 3 (Foto: People Magazine)

 

Bukanlah rahasia lagi bahwa genre film superhero di tahun 2023 sangatlah mengecewakan.

Karena sebagian besar film superhero yang dirilis MCU dan DCEU tidaklah segreget rilisan tahun-tahun sebelumnya.

Untunglah Guardians of the Galaxy Vol. 3 tidak demikian.

Sutradara yang juga bisa dikatakan penanggung jawab franchise MCU ini, James Gunn (Super) masih sukses menunjukkan ketajiannya bahkan hingga film penutup kisah GOT orisinal ini.

Selain itu faktor lainnya tentu adalah kumpulan soundtrack filmnnya yang asyik-asyik, dan tentunya performan seluruh aktornya yang sangat mengagumkan.

Terlebih di sini adalah performa villain utamanya, High Evolutionary (Chukwudi Iwuji).

6. John Wick: Chapter 4


John Wick: Chapter 4 (Foto: Rolling Stone)

 

Umumnya apabila film sudah menjadi Quadrilogi atau sampai bagian ke-4, filmnya akan mengalami penurunan.

Akan tetapi “kutukan ke-4” tersebut tidaklah terjadi pada franchise action keren ini.

Yang ada, John Wick: Chapter 4 justru kian menggila.

Mau itu penampilan si John Wick-nya alias Keanu Reeves (Speed), lore kisahnya, dan tentunya adegan-adegan action-nya, semuanya masih sama atau bahkan lebih mengagumkan dari 3 film sebelumnya.

Apabila John Wick: Chapter 4 ini menjadi film terakhir Reeves sebagai Wick, maka film ini memanglah merupakan film yang sangat tepat untuk mengakhiri semuanya.

5. Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One


Hayley Atwell sebagai Grace dan Tom Cruise sebagai Ethan Hunt (Foto: The Daily Beast)

 

Seperti hal-nya franchise John Wick, Mission: Impossible jugalah termasuk franchise film action top yang hingga detik ini, masih sukses mempertahankan kekerenannya.

Bahkan semenjak Mission: Imposible III (2006), film ini secara bertahap terus membaik dan membaik.

Hingga rilisan teranyarnya yang kita bahas ini, filmnya sekali lagi masih keren saja.

Hal ini tentunya tidaklah semata karena performa Tom Cruise (Minority Report) yang masih keren dan bikin deg-deg saja, namun hal ini juga dikarenakan tangan dingin dari sutradaranya, Christopher McQuarrie (Mission: Impossible – Fallout).

4. The Animal Kingdom


Romain Duris sebagai Francois dan Paul Kircher sebagai Emile (Foto: IntipSeleb)

 

Film asal Prancis yang judul orisinalnya adalah Le Règne animal ini tayang di bioskop Indonesia pertengahan Desember 2023 di layar lebar.

Dan semenjak membaca premis kisahnya, jujur kami langsung merasa sangat tertarik untuk menyaksikan film mengenai dunia yang sebagian besar penduduknya berubah menjadi binatang ini.

Ketertarikan sedari awal tersebut terbukti benar dan terbayarkan dengan sangat manis.

The Animal Kingdom adalah film yang tidak hanya fun, namun juga merupakan film yang sangat emosional.

Ya sulit dipercaya memang bahwa film dengan premis agak ngelenyeh tersebut membuat kita emosional ketika menontonnya. Namun kenyataannya memanglah demikian.

Performa kedua aktor utamanya yang memerankan duet ayah dan anak : Romain Duris sebagai sang ayah, Francois dan Paul Kircher sebagai Emile, kian membuat aspek dan kesan emosionalnya menjadi-jadi

The Animal Kingdom tak memungkiri tidak hanya menjadi film terbaik, namun juga menjadi salah satu film paling underrated di tahun ini.

3. Inside


Willem Dafoe sebagai Nemo (Foto: Entertainment Weekly)

 

Film thriller psikologis yang juga merupakan debut penyutradaraan Vasilis Katsoupis ini bisa dikatakan adalah mimpi/idaman bagi seluruh sutradara yang baru melakukan debutnya.

Ya bagaimana tidak? Selain mengarahkan dan menulis konsep kisah yang sangat unik, relatable, dan berakhir sukses, ia juga harus melakukan itu semua untuk seorang Willem Dafoe (Spider-Man, The Lighthouse).

Dafoe sendiri tentunya sangat luar biasa sebagai sosok maling lukisan antik, Nemo.

Inside bagaikan one-man show teatrikal yang sangat intens, tegang, namun tidak akan bosan-bosannya bagi kita untuk menyaksikannya berulang-ulang kali.

2. No One Will Save You


Kaitlyn Dever sebagai Brynn yang sedang sembunyi dari alien (Foto: Craig DiLouie)

 

Di posisi runner-up daftar ini adalah No One Will Save You.

Dan jujur kami garuk kepala habis-habisan ketika menyaksikan beberapa YouTuber spesialis film top, tidak ada yang menyertakan film horor alien ini ke dalam daftar film terbaik (Best Movies) mereka.

Pasalnya film yang dilabeli dan dirilis sebagai salah satu film orisinal layanan streaming Hulu ini, sangatlah mindblowing, segar, dan revolusioner.

Bagaimana tidak? No One Will Save You mungkin bisa dikatakan adalah film pertama di era sekarang ini yang hanya menampilkan 1 atau 2 kalimat yang diucapkan di sepanjang 93 menit filmnya.

Sisanya aktris utama, Kaitlyn Dever (Short Term 12) dan aktor/aktris lainnya, hanya berakting dengan komunikasi non-verbal. Yamg ada hanyalah suara denguasan, kelelahan, keterkejutan, dan tentunya suara lingkungan sekitar.

Dan kerennya dengan hanya menerapkan/menghidupkan konsep tersebut, No One Will Save You sukses membuat kita tegang, seru, sedih, dan berbagai emosi lainnya serta tentunya masih super duper paham dengan plot ceritanya.

1. Spider-Man : Across the Spider-Verse


Spider-Man: Across the Spider-Verse (Foto: Wallpaper Flare)

 

Ya inilah film terbaik 2023 versi kami.

Tentunya siapa yang menyangka kalau film animasi Spider-Man yang merupakan sekuel dari Spider-Man : Into the Spider-Verse ini, bisa sekeren itu dan bahkan menduduki posisi puncak daftar ini ?

Namun ya memang itulah kenyataannya. Spider-Man : Across the Spider-Verse dengan sangat mengejutkan, sukses melampaui ekspektasi.

Hal ini tidak hanya dikarenakan faktor pengenalan sekaligus penyertaan multiverse yang memang saat ini sedang tren, namun juga dikarenakan seperti film pertamnya, keseluruhan penyusunan/formula plot-nya sama persis seperti Into the Spider-Verse.

Dengan kata lain dari awal sampai akhir, film ini sukses membuat kita untuk terus melek menyaksikan filmnya tanpa merasa kejenuhan sedikit pun.

Sehingga ketika akhirnya ending gantungnya itu muncul, kita pun merasa greget sebal karena filmnya sudah berakhir.

Dengan seluruh penjelasan tersebut, maka kami yakin sekali bahwa seperti halnya Into the Spider-Verse, Across the Spider-Verse akan memenangkan penghargaan film animasi terbaik di ajang Oscar 2024 mendatang.

Namun mari kita tunggu dan lihat saja lagi nanti. Yang jelas apabila anda hingga detik ini belum menonton film ini, setelah membaca pembahasan ini, kami sarankan anda untuk segera menonton filmnya. Dijamin anda akan mendapatkan experience yang asyik banget.

 

Itulah tadi 10 film terbaik 2023 versi kami. Semoga pembahasannya bermanfaat.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut