get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Bakal Lebih Kuat, Kiper Naturalisasi Maarten Paes Resmi Jadi WNI

Timnas Indonesia Pernah Mencukur Jepang 7-0, Begini Kisahnya

Senin, 22 Januari 2024 | 20:00 WIB
header img
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (SUGBK/Changsuek)

JAKARTA, iNewsIndramayu.id -  Kisah Timnas Indonesia ternyata pernah permalukan Timnas Jepang dengan skor telak 7-0 akan diulas dalam artikel ini.

Momen ini menarik diulas karena Timnas Indonesia akan berhadapan lagi dengan Timnas Indonesia di pentas Piala Asia 2023.

Ya, Timnas Indonesia akan melawan Jepang di matchday ketiga alias terakhir Grup D Piala Asia 2023. Laga itu akan digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Rabu 24 Januari 2023 pukul 18.30 WIB.

Laga ini menjadi penting bagi kedua tim demi bisa memastikan langsung lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Pasalnya kini, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- dan Jepang sama-sama mengoleksi 3 poin.

Tetapi, Timnas Indonesia berada di posisi ketiga, di bawah Jepang yang ada di urutan kedua. Hal itu terjadi karena Jepang lebih unggul dalam selisih poin dari skuad Garuda.

Jelang duel itu, Jepang sejatinya jauh lebih diunggulkan di atas kertas ketimbang Timnas Indonesia.

Sebab, secara peringkat di ranking FIFA sendiri, Samurai Biru -julukan Timnas Jepang- sendiri berada jauh lebih tinggi dari Timnas Indonesia.

Kini, Timnas Jepang ada di urutan ke-17. Sementara Timnas Indonesia, mereka kini menempati posisi ke-146 di ranking FIFA.

Meski begitu, Timnas Indonesia ternyata tak terlalu kalah saing kala bersua Jepang. Sebab, dalam sejumlah pertemuan, Timnas Indonesia ternyata pernah mengalahkan Jepang.

Di salah satu laga, bahkan skuad Garuda bisa meraih kemenangan besar dengan skor 7-0!

Dalam 15 kali pertemuan yang sudah terjadi, Timnas Indonesia ternyata pernah lima kali menang atas Jepang. Kemenangan teranyar didapat pada 1981.

Kala itu, Timnas Indonesia menang 2-0 atas Jepang kala bersua di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam laga persahabatan.

Jauh sebelum itu, Timnas Indonesia pernah membantai Jepang dengan skor telak 7-0! Pertemuan itu terjadi di babak penyisihan ajang Merdeka Tournament pada 11 Agustus 1968.

Tentu saja, catatan manis itu diharapkan bisa terulang lagi saat Timnas Indonesia melawan Jepang pada Rabu 24 Januari 2024.

Peluang tentu saja tetap terbuka bagi skuad Garuda untuk melakukan hal itu karena tim tersebut pun diperkuat para pemain berkualitas saat ini. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut