get app
inews
Aa Read Next : Usai Tugas Pemilu, Pamsung TPS di Indramayu Meninggal Dunia

Panwascam Babakan Perketat Pengawasan Tungsura di Pemilu 2024

Selasa, 13 Februari 2024 | 19:29 WIB
header img
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Babakan melakukan rapat koordinasi pemungutan dan penghitungan suara. (Ist)

 

 

CIREBON, iNewsIndramayu.id – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Babakan, Kabupaten Cirebon, menegaskan pentingnya kewaspadaan Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) selama tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024. 

Ketua Panwascam Babakan, Rohmat M Humaer, menyampaikan pesannya dalam konferensi pers pada Senin (12/2/2024), menyoroti tahapan pungut-hitung sebagai momen krusial sebelum hasil pemilu ditetapkan.

Rohmat mengingatkan PTPS untuk segera mengidentifikasi potensi kerawanan guna pencegahan efektif. Koordinasi aktif antara petugas KPU (KPPS) dan PTPS dianggap esensial, dengan penekanan pada penyelesaian masalah rekapitulasi hingga larut malam jika diperlukan, asalkan tuntas di tingkat KPPS.

"Pentingnya koordinasi untuk menangani masalah hingga tingkat KPPS tanpa menunggu waktu lebih lama di tingkat kecamatan," ujar Rohmat. Komunikasi dianggap kunci penyelesaian, dengan ajakan kepada pengawas pemilu untuk melaporkan pelanggaran tugas ke Bawaslu. 

Bawaslu sendiri telah menginstruksikan pengawas pemilu untuk menangani permasalahan pada tingkat masing-masing, dengan harapan masalah dapat terselesaikan di tingkat kecamatan. Rohmat menegaskan agar penghitungan tidak memakan waktu terlalu lama di tingkat kecamatan, mengingat potensi kelelahan, terutama saat membuka kotak dan plano. Dia meyakini bahwa dengan komunikasi yang baik, semua persoalan dapat diselesaikan. ***

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut