get app
inews
Aa Read Next : Dukcapil Mlayu, Cara Bupati Nina Agustina Maksimalkan Cakupan Adminduk di Wilayah Indramayu

Dekat dengan Warga, Bupati Indramayu Jaring Aspirasi Melalui Berjamaah Subuh Keliling

Rabu, 02 Maret 2022 | 09:53 WIB
header img
Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, S.H M.H, C.R.A dalam satu kesempatan di program Bersuling (Berjamaah Subuh Keliling).

INDRAMAYU
Program unggulan pemerintahan Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, S.H M.H, C.R.A dan wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim yakni Bersuling (Berjamaah Subuh Keliling) merupakan program unggulan Bupati Indramayu  untuk lebih mendekatkan aparatur Pemerintah dengan para ulama dan masyarakat di pedesaan serta berkomunikasi langsung dan mendengarkan suara, keluhan dan masukan dari masyarakat. 

Selain untuk bersilaturahmi dengan ulama dan masyarakat, program ini juga sebagai implementasi dari Visi Indramayu terutama visi Religius, yang bermakna bahwa nilai-nilai agama mendasari setiap sikap dan perilaku dalam pengelolaan pemerintahan yang tercermin dalam kehidupan bermasyarakat atas terciptanya kebijakan pemerintahan dan aktivitas masyarakat. 

"Program bersuling ini menjadi gerakan membangun spiritualitas, sosial dan kultural di kalangan pemerintahan dan masyarakat. Shalat subuh berjamaah keliling bersama Aparatur Pemerintah selain untuk membangun spiritual juga membangun kebersamaan dan solidaritas sosial," kata Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H, M.H C.R.A.

 Gerakan Subuh Berjamaah juga diharapkan dapat menjadi sarana membangun kultur atau budaya, baik budaya silaturahmi, sosial maupun budaya gotongroyong. 

Program Bersuling menjadi wadah komunikasi dua arah, aparatur pemerintah dengan masyarakat. Masyarakat bisa menyampaikan usulan, keluhan dan kendala dilingkungan sekitar. Sehingga mejadi momen yang tepat untuk hadir dan memberikan solusi bagi masyarakat. Selain itu, program ini akan menjadi media sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 di tempat ibadah. Pada masyarakat, maka dalam saat sholat subuh berjamaah ini kita bisa saling bersilaturahmi.

Kegiatan Bersuling dilaksanakan oleh Camat beserta Forkopimcam, Kuwu/Lurah beserta pamong, RT/RW, Ketua MUI Tingkat Desa dan Tokoh Masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Bersuling dalam wilayahnya masing-masing dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

Dalam periode Mei sampai dengan Desember 2021 telah dilaksanakan kegiatan bersuling sebanyak 386 kali berdasarkan laporan Camat yang disampaikan kepada Bupati melalui Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti, ST, M.Si mengatakan dalam kegiatan bersuling, banyak usulan warga untuk perbaikan infrastruktur, baik jalan, jembatan dan lainnya.

"Kegiatan Bersuling banyak membantu kami untuk merespon usulan warga soal infrastruktur di Indramayu. Usulan warga yang diperoleh dari kegiatan bersuling terus kita inventarisasi dan akan disiapkan untuk perencanaan kedepan," kata dia. ***

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut