get app
inews
Aa Read Next : Kalender Jawa Hari Ini Jumat, 11 Oktober 2024 Lengkap dengan Weton, Wuku, dan Pasaran

Dekatkan Layanan Publik, Program Laboling Diserbu Warga Widasari

Kamis, 10 Oktober 2024 | 09:21 WIB
header img
Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M. Si, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kecamatan Widasari, Rabu (9/10/2024).

iNewsIndaramayu.id– Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Dr. H. Dedi Taufik, M. Si, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kecamatan Widasari, Rabu (9/10/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung pelaksanaan pelayanan Layanan Rebo Keliling (Laboling) yang rutin digelar oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka mendekatkan layanan publik kepada masyarakat di berbagai wilayah kecamatan dan desa. 

Dedi Taufik yang didampingi oleh Kepala Bappeda-Litbang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Camat Widasari, menyempatkan diri untuk berbincang langsung dengan warga yang sedang memanfaatkan layanan ini.

Melalui kunjungan ini, Pjs. Bupati Indramayu menegaskan, Pemkab Indramayu akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Memastikan bahwa setiap warga mendapatkan layanan yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat.

Pelayanan ini dirancang untuk mempermudah warga dalam mengurus berbagai administrasi kependudukan, perizinan, dan kesehatan tanpa harus datang jauh-jauh ke pusat kota.

"Kami ingin memastikan bahwa layanan ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan berjalan lancar, layanan ini juga harus bisa menyasar hingga ke desa-desa," ujarnya. 

Laboling sendiri menyediakan berbagai layanan esensial, termasuk layanan Dukcapil Mlayu, yang memungkinkan masyarakat untuk mengurus dokumen-dokumen penting seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Akta Kelahiran.

Selain itu, layanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) juga disediakan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, warga juga dapat mengurus sertifikat halal dan Izin Rumah Tangga Pangan (IRTP) melalui layanan ini.

Sertifikasi halal dan IRTP ini sangat penting bagi pelaku usaha makanan dan minuman agar produk mereka memiliki izin yang sah dan memenuhi standar kesehatan.

Di samping layanan administrasi dan perizinan, Laboling juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Layanan kesehatan ini disambut baik oleh warga, terutama dalam memberikan kemudahan deteksi dini terhadap kondisi kesehatan mereka.

Semua layanan yang diberikan melalui program Laboling ini sepenuhnya gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. 

Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk memberikan pelayanan publik yang transparan, cepat, dan efisien tanpa memberatkan masyarakat. 

Berdasarkan hasil layanan adminduk pada program Laboling maka dihasilkan, rekam KTP elektronik sebanyak 3 orang, cetak KTP elektronik sebanyak 47 orang, KIA sebanyak 23 orang, KK sebanyak 30 orang, aktivasi KTP Digital sebanyak 11 orang, Akta Kelahiran sebanyak 77 orang, Akta Kematian sebanyak 2 orang, dan konsultasi Adminduk sebanyak 12 orang.***

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut