get app
inews
Aa Read Next : Grand Forum Presentasi CIP,  Cara Pertamina RU VI Beri Solusi Kehandalan Operasional Kilang Balongan

Kilang Balongan Akreditasi Pekerja Untuk Jaga Efisiensi Energi Dan Kurangi CO2

Senin, 21 Oktober 2024 | 14:46 WIB
header img
Kilang Balongan melalui Fungsi Engineering & Development Bagian Energy Control & Loss Control (ECLC) melaksanakan Akreditasi Boiler-Furnace Optimization Tingkat Praktisi Batch II.

iNewsIndramayu.id Kilang Balongan sebagai perusahaan yang bergerak pada bisnis pengolahan industri minyak bumi dengan kapasitas produksi mencapai 150 barel/hari berkontribusi memenuhi 14% kebutuhan Bahan Bakar Minyak Nasional memerlukan energi dalam jumlah besar melalui konsumsi bahan bakar (fuel) dalam operasionalnya (18/10/2024).

Seiring dengan tantangan bisnis kedepan yang menghendaki operasional yang handal, efisien dan efektif serta ramah lingkungan diperlukan inovasi maupun pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung semua itu.

Sejalan dengan hal tersebut Kilang Balongan melalui Fungsi Engineering & Development Bagian Energy Control & Loss Control (ECLC) melaksanakan Akreditasi Boiler-Furnace Optimization Tingkat Praktisi Batch II.  

Dikatakan Sr Engineer I CDU, UTL & Offsite, Saptyna Dwi Legysta, kegiatan akreditasi ini sebagai upaya peningkatan kinerja operasi Boiler dan Furnace secara berkesinambungan, baik dari sisi safety, lingkungan hidup, keandalan, serta efisiensi energi melalui pekerja yang kompeten, ucapnya mewakili perusahaan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

“Pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pekerja dan memastikan seluruh proses pengoperasian sesuai dengan standar operasi”, kata Saptyna.

Lebih lanjut Saptyna mengatakan, kegiatan akreditasi ini juga bertujuan untuk terus mengingatkan kesadaran akan pentingnya efisiensi energi dan memberikan semangat kepada seluruh pekerja agar melakukan upaya-upaya efisiensi energi.

“Dengan penguji yang diantaranya pekerja senior, akreditasi ini menjadi media transfer knowledge bagi pekerja untuk lebih dalam menggali ilmu dalam pengoperasian kilang secara andal”, tambahannya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan akreditasi yang dilaksanakan di Patra Jasa Cirebon pada 17-18 Oktober 2024 ini berjumlah 30 Pekerja dari Fungsi Produksi. 

Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli dikesempatan terpisah menegaskan kegiatan akreditasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga proses operasi kilang untuk selalu patuh dengan regulasi dan ketentuan terkait lingkungan yang berlaku melalui cara optimasi dan efisiensi.

“Akreditasi ini penting dilakukan untuk menjaga kualitas kilang selalu baik sehingga terus beroperasi secara handal dan Tentu saja mengurangi CO2 emisi”, Kata Zulkifli.

Kilang Balongan terus melakukan inovasi dan berperan aktif menjaga lingkungan yang salah satunya dilakukan dengan pemakaian energi yang efisien, hal ini selaras dengan komitmen perusahaan melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs dengan menekankan aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola / Environmental, Social & Governance (LST/ESG) dalam kegiatan operasionalnya.***

 

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut