get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Balongan Gelar Muhasabah, Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

Libatkan 15 Ribu Tenaga Kerja, COVID-19 di Pertamina RU VI Balongan Terkendali

Rabu, 01 Juni 2022 | 23:34 WIB
header img
Seluruh pekerja saat Turn Around sebelum memasuki area Kilang RU VI Balongan mengikuti swab test. Hasilnya selama pemeliharaan Kilang nol kasus positif COVID-19. (istimewa)

Indramayu,

Meski dilaksanakan di masa pandemic, proyek Pemeliharaan Kilang (Turn Around) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI)  Refinery Unit VI Balongan pada Awal Maret hingga Akhir April 2022 lalu dengan melibatkan hampir 15.000 tenaga kerja namun paparan COVID-19 terkendali. Hal itu berkat  penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat terhadap seluruh pekerja yang terlibat, baik terhadap pekerja Pertamina, maupun pekerja kontraktor.

Turn Around di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI)  Refinery Unit VI Balongan   merupakan sejarah tersendiri bagi Pertamina. Karena proyek tersebut dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19 yang melibatkan hampir 15.000 tenaga kerja. Jumlah ini merupakan yang terbanyak yang pernah diserap pada proyek-proyek yang dilaksanakan di lingkungan Pertamina.

General Manager PT KPI RU VI Balongan Diandoro Arifian memaparkan, keberhasilan mengendalikan penyebaran COVID-19 di RU VI pada masa pemeliharaan Kilang Balongan (Turn Around) ini tidak terlepas dari kerja keras tim satuan tugas pengendali COVID-19 serta tim bagian Health RU VI dalam mengawal  setiap pekerja agar melakukan vaksin lengkap sebelum Turn Around, dan melakukan random cek Swab Antigen setiap hari selama Turn Around berlangsung.

“Alhamdulillah, Meskipun ribuan orang melakukan interaksi di area Kilang, kita patut bersyukur tidak terjadi penyebaran COVID-19 di RU VI, bukan hanya itu saja kecelakaan kerja juga tidak ada terjadi,” papar GM dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Terpisah, Section Head Health PT KPI RU VI, dr Bernardo L Tobing  mengatakan, selama proyek pemeliharaan berlangsung, bagian Health RU VI menggandeng 450 orang tenaga medis yang setiap harinya melakukan screening kesehatan kepada seluruh pekerja sebelum memasuki area Kilang, serta turut meng-hire Covid Inspector dari tenaga external yang bertugas mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

“Setiap hari selama Turn Around kita lakukan random cek swab test, dan hasilnya tidak ditemukan kasus positif COVID-19, hasil antigennya semua negative,” kata dia.

Nol kasus positif COVID-19 di lingkungan Pertamina RU VI Balongan, tambahnya tetap bertahan hingga proyek pemeliharaan kilang Balongan selesai, bahkan hingga akhir Mei 2022 juga masih tercatat belum ada ditemukan positif Covid-19.

“Terkendalinya penyebaran COVID-19 di RU VI juga terlihat dengan kosongnya ruang isolasi di Rumah Sakit Pertamina Balongan,” tambah Bernardo. (safaro)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut