Kemenag Indramayu Buka Pendaftaran Calon PPIH Ketua Kloter dan PPIH Pembimbing Haji

Safaro
Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, H. Wahyudin. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – Menjelang musim haji 1444 H/2023 M, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu membuka pendaftaran calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Ketua Kloter, PPIH Pembimbing Ibadah dan PPIH  Arab Saudi tahun 1444 H/2023 M.

Rekrutmen tersebut sejalan dengan pengumuman Kantor Wilayah  Kemenag Provinsi Jawa Barat Nomor: 6903/Kw.10/V.2/Hj.02/01/2023 tentang Rekrutmen Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi Provinsi Jawa Barat Tahun 1444 H/2023 M.

Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, H. Wahyudin mengatakan dalam rekrutmen tersebut pihaknya membutuhkan 12 orang. Dengan rincian 4 orang PPIH Ketua Kloter dan 8 orang PPIH pembimbing ibadah. Mereka akan ditempatkan di masing-masing kloter.

Menurutnya, kuota haji Indramayu sebanyak 1.773 jemaah, mereka terbagi di 4 kloter.  jadi masing-masing kloter terdapat 1 PPIH Ketua Kloter dan PPIH pendamping haji setiap kloter ada 2 orang.  

“2 orang itu untuk pembimbing ibadah haji laki-laki dan perempuan. Sebelumnya hanya 1 orang,” kata dia di Puspihat Kemenag Indramayu, Selasa (10/01/2023).

Dikatakan, calon PPIH Ketua Kloter dan PPIH pembimbing ibadah haji yang akan direkrut adalah Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Kemenag Indramayu.  Sementara untuk swasta (non ASN) bisa mengikuti seleksi PPIH Arab Saudi di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat.

Wahyudin mengatakan, pengumuman pendaftaran tersebut dibuka secara online melalui website https://haji.kemenag.go.id/petugas dimulai tanggal 06 Januari hingga tanggal 13 Januari 2023.

“Mereka (pendaftar) sedang mempersiapkan pemberkasan administrasi. Adapun data yang masuk sekira 100 orang,” sebutnya.

Peserta yang lolos seleksi administrasi sambungnya, akan mengikuti tes selanjutnya yakni metode Computer Assisted Test (CAT).

Seleksi CAT dilakukan dengan 2  tahap, tahap I diselenggarakan di Kementerian Agama Kabupaten Indramayu tanggal 17 Januari 2023, tahap II diselenggarakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat tanggal 24 Januari 2023.

“Bagi peserta yang lulus seleksi tahap I akan dipanggil untuk mengikuti seleksi tahap II. Pelaksanaan seleksi tersebut menggunakan metode  CAT,” bebernya.

Karena petugas dan pembimbing yang dibutuhkan adalah ASN tambahnya, ia mendorong ASN di lingkungan Kemenag untuk mengikuti proses tersebut.

“Dengan dilakukannya rekrutmen secara terbuka diharapkan akan terpilih PPIH Ketua Kloter dan PPIH Pembimbing Ibadah yang  paham akan tupoksinya,” tambah Wahyudin. (safaro)

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network