Peduli Pendidikan Tinggi, Pemkab Indramayu Diganjar Gold Winner

Safaro
Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Rektor Unwir, Ujang Suratno menunjukan penghargaan Gold Winner yang diterimanya dari LLDIKTI Wilayah VI Jabar Banten Kemendikbudristek. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu  mendapatkan penghargaan Gold Winner dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jabar Banten. Penghargaan itu diberikan karena Pemkab Indramayu dinilai berkontribusi dalam mendukung implementasi transformasi pendidikan tinggi

Di posisi kedua dengan predikat Silver Winner diraih oleh Kota Cilegon, Provinsi Banten. Sedangkan untuk predikat Bronze Winner disabet Kabupaten Purwakarta.

Penghargaan Gold Winner  diterima oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Rektor Wilayah IV Jawa Barat dan Banten dengan mengusung tema "Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah IV Terdepan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi melalui Gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)", di Tangerang, Kamis, (16/02/2023).

Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyatakan penghargaan tersebut menjadi bukti kerja keras banyak pihak dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di wilayahnya.

Perhargaan itu juga kata dia sekaligus menjadi bukti bahwa mutu pendidikan tinggi di Kabupaten Indramayu siap bersaing dengan deerah lain. Konkretnya, sejumlah lembaga pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Indramayu saat ini memiliki mutu yang baik hingga melahirkan sarjana yang memiliki daya saing hebat.

"Alhamdulillah, ini berkat kerja tim. Setelah sekian lama, Indramayu akhirnya meraih predikat Gold Winner bidang Pendidikan Tinggi," ujar Nina dalam keterangannya.

Nina juga meminta masyarakat agar memanfaatkan seluruh lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Indramayu sebagai jenjang untuk melanjutkan pendidikan.

"Tidak perlu jauh-jauh berkuliah, lembaga pendidikan tinggi di Indramayu juga bagus. Buktinya kami dapat apresiasi," pungkas Nina.

Sementara itu, Rektor Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu, Dr. Ujang Suratno, SH., M.Si mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Indramayu atas diraihnya penghargaan Gold Winer (medali emas) dari  LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan itu kata dia layak diraih Kota Mangga sebutan lain Kabupaten Indramayu karena   Pemkab Indramayu memiliki perhatian besar dalam pembangunan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi.

“Sangat tepat Kemendikbudristek yang diwakili LLDIKTI Wil. IV Jabar dan Banten memberikan penghargaan kepada Bupati Indramayu Ibu Hj. Nina Agustina, SH., MH., CRA., karena Pemkab Indramayu sudah sejak lama selalu memberi perhatian kepada mutu Pendidikan Tinggi di Kabupaten Indramayu, dengan memberikan perhatian pada peningkatan fasilitas pendidikan, kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyararakat, serta pemberian beasiswa,” kata Ujang Suratno via pesan whatsAppnya, (Kamis (16/02/2023).

Ia mencontohkan salasatu perhatian Pemkab terhadap peningkatan mutu pendidikan tinggi, di Unwir adalah dana hibah untuk peningkatan fasilitas pendidikan, sarana kegiatan mahasiswa, sedangkan kerjasama riset dengan BAPPEDA Litbang, SKPD, dan DPRD sudah berjalan.

Pria yang akrab disapa Ujang ini  berharap Pemkab Indramayu dapat memberikan beasiswa kepada para mahasiswa di Indramayu yang kurang mampu untuk berkuliah.

Hal ini sangat penting, pertama untuk meningkatkan APS dan APK yang saat ini Indramayu masih pada kisaran 13,5%, kedua untuk menghambat atau mencegah mahasiswa di perguruan tinggi Indramayu droup out (keluar kuliah), ketiga bisa menciptakan mahasiswa unggulan di bidang tertentu, seperti petani milenial yang dapat memecahkan masalah strategis di Indramayu seperti ketahanan pangan dan lainnya.

 

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network