Indramayu Ramadan Fest 2023, Sekjen MUI Pusat Berikan Tausiyah tentang Hikmah

Safaro
Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan menyampaikan materi tentang hikmah dihadapan peserta seminar Indramayu Ramadan Fest 2023. (istimewa)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, H. Amirsyah Tambunan menghadiri Indramayu Ramadan Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Forum Indramayu Studi.

Amirsyah Tambunan dihadapan peserta seminar seperti mahasiswa dan kelompok kepemudaan menyampaikan materi kepada peserta terkait dengan hikmah, yang mana definisi dari hikmah itu sendiri merupajan keseimbangan antara dzikir dan pikir.

“Bersumber dari QS. Al-baqarah ayat 269 dan Ali-Imran ayat 190-191, Hikmah merupakan keseimbangan antara dzikir dan pikir,” kata Amirsyah Tambunan dilansir dari facebook Diskominfo Indramayu, Sabtu (08/04/2023).

Dalam tausiahnya, Amirsyah menjelaskan, dalam penerapannya hikmah sendiri perlu dibangun oleh kecerdasan sehingga keseimbangan tersebut dapat tercipta.

Adapun kecerdasan yang perlu dibangun diantaranya adalah kecerdasan intelektual yakni memahami dan memecahkan sebuah masalah, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional.

Selain itu, kecerdasan lainnya yang tak kalah penting yang harus dibangun terutama oleh pemuda-pemudi adalah kecerdasan sosial dan enterpreuner.

“Kecerdasan perlu dibangun guna menerapkan hikmah. Contohnya kecerdasan sosial yang dibangun melalui puasa. Puasa merupakan salah satu yang sangat fundamental dalam hal menata sosial, karena di dalam puasa kita diajarkan salah satunya untuk berdisiplin,” jelasnya.

Seminar yang dikemas secara santai namun serius, tampak menarik antusiasme dalam menyimak penjelasan yang disampaikan oleh Sekjen MUI. (*)

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network